PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SPLDV

RAHAYU, SRI (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS BUDAYA JAMBI UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI SPLDV. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
Cover.pdf

Download (161kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (598kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (165kB)

Abstract

ABSTRAK Rahayu, Sri. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Budaya Jambi untuk Mendukung Kemampuan Literati Matematis Siswa Kelas VIII SMP pada Materi SPLDV. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Dewi Iriani, M.Pd., (II) Novferma, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: LKPD, budaya Jambi, literasi matematis, SPLDV Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV, (2) mendeskripsikan kualitas lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMP. Adapun subjek penelitian ini yakni siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini yakni: (1) lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis. (2) hasil validasi ahli materi dengan presentase 92% dan validasi ahli desain dengan presentase 82% pada sehingga diperoleh presentase rata-rata kevalidan LKPD sebesar 87% pada kriteria “sangat valid”. Hasil angket praktikalitas uji coba perorangan terhadap seorang guru dengan presentase 91% dan hasil angket praktikalitas uji coba kelompok kecil terhadap 9 siswa dengan presentase 82,89% sehingga diperoleh presentase rata-rata kepraktisan LKPD sebesar 86,94% dengan kriteria “sangat praktis”. Hasil tahap implementasi berupa lembar observasi aktivitas siswa dengan presentase sebesar 84,41%, hasil angket respon 26 siswa dengan presentase 82,04%, hasil tes kemampuan literasi matematis dimana 1 siswa mencapai level 1, 4 siswa mencapai level 2, 5 siswa mencapai level 3, 8 siswa mencapai level 4 dan 8 siswa mencapai level 5 sehingga diperoleh presentase ketuntasan klasikal kelas sebesar 80,76% sehingga diperoleh rata-rata keefektifan LKPD berbasis budaya Jambi sebesar 82,40% dengan kategori “sangat efektif”. Dengan demikian, LKPD Berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa kelas VIII SMP pada materi SPLDV memiliki kualitas yang baik karena memenuhi kriteria yakni kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hal tersebut maka Lembar kerja peserta didik (LKPD) Berbasis budaya Jambi untuk mendukung kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDVdapat menjadi bahan ajar tambahan bagi guru dan dapat menjadi sumber belajar tambahan bagi siswa serta mendukung kemampuan literasi matematis siswa pada materi SPLDV.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI RAHAYU
Date Deposited: 05 Mar 2020 06:49
Last Modified: 05 Mar 2020 06:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10720

Actions (login required)

View Item View Item