UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI

HASTUTI, SRI (2020) UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR TEMAN SEBAYA MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA SMP NEGERI 8 KOTA JAMBI. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER.pdf

Download (44kB)
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (424kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (44kB)

Abstract

Abstrak Judul : Upaya Meningkatkan Komunikasi antar Teman Sebaya melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi Penulis : Sri Hastuti NIM : A1E115042 Pembimbing : 1. Drs. Rasimin, M. Pd 2. Freddi Sarman, S. Pd., M. Pd Komunikasi antar teman sebaya merupakan proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih baik secara verbal maupun non verbal yang dilakukan bersama teman seumuran dengan mempunyai tujuan dan keinginan yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antar teman sebaya melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi. Batasan masalah pada komunikasi antar teman sebaya dalam penelitan ini yaitu siswa yang didalam komunikasinya kurang keterbukaan, kurang empati, kurang sikap mendukung, kurang sikap positif, kurang kesetaraan. Adapun tahap bimbingan kelompok dalam penelitian ini meliputi: a. tahap pembentukan, b. tahap peralihan, c. tahap kegiatan, d. tahap pengakhiran. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas VIII, yang didalamnya terdiri 8 siswa yang memiliki komunikasi antar teman sebaya rendah dan 2 siswa yang memiliki komunikasi yang sedang antar teman sebaya, alasannya agar siswa yang komunikasi sedang dapat mempengaruhi komunikasi siswa yang rendah sehingga siswa mampu berkomunikasi dengan baik. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus, yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan salah satu guru bimbingan dan konseling. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi dan wawancara. Diantara tiga tindakan yang peneliti lakukan terlihat proses pada tindakan ke-3 merupakan proses yang paling baik dilaksanakan bimbingan kelompok untuk meningkatkan komunikasi antar teman sebaya. Pada tindakan ke-3 pemimpin kelompok membuat topik baru yaitu komunikasiku peningkat relasiku, pemimpin kelompok bertanya kembali kepada seluruh siswa apakah siswa sudah berelasi dan berkomunikasi yang baik dengan teman sebaya, kemudian pemimpin kelompok bertanya dengan bahasa yang mudah dipahami oleh siswa lalu jawabannya diulang kembali oleh pemimpin kelompok agar lebih jelas, selanjutnya pemimpin kelompok membuat siswa saling menanggapi dengan meminta siswa menanggapi pendapat teman yang terakhir, setelah itu pemimpin kelompok membuat permainan yang dimana siswa harus saling berkomunikasi dan berinteraksi yaitu: a. Permainan mengapa karena, b. Permainan gajah semut. Kata Kunci : Komunikasi, Teman Sebaya, Bimbingan Kelompok.

Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SRI HASTUTI
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:51
Last Modified: 16 Mar 2020 03:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item