SYAFITRI, NESVIA (2020) UPAYA MENINGKATKAN PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR SISWA DENGAN LAYANAN INFORMASI DI KELAS X IPS DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
Text
COVER.pdf Download (93kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (340kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (91kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (247kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (154kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Upaya Meningkatkan Penerapan Disiplin Belajar Siswa Dengan Layanan Informasi Di Kelas X IPS 3 DI SMA Negeri 4 Kota Jambi Nama : Nesvia Syafitri Nim : AIEII5036 Pembimbing I : Drs. Rasimin. M.Pd Pembimbing II : Freddi Sarman. S.Pd., M.Pd Kata Kunci : Disiplin Belajar, Layanan Informasi Latar belakang penelitian ini adalah upaya meningkatkan penerapan disiplin belajar siswa di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK ditemukan bahwa masih ada pemasalahan pelanggaran siswa kelas X IPS, dan terdapat siswa yang belum disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penerapan disiplin belajar siswa dengan layanan informasi. Metode penelitian ini menggunakan jenis PTL (Penelitian Tindakan Layanan), pelaksanaan penelitian ini sebanyak 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini penetapan subjek dilakukan menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 3 di SMA Negeri 4 Kota Jambi yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian di setiap siklusnya menunjukan bahwa pelaksanan PTL dengan menggunakan layanan informasi dapat meningkatkan penerapan disiplin siswa. Pada pelaksanaan tindakan yang dilakukan pada setiap siklus mempunyai variasi yang berbeda dapat dijelaskan bahwa pada siklus I peneliti menyampaikan informasi secara klasikal dimana memperoleh persentase sebesar 38,72%, pada siklus II peneliti menyampaikan informasi secara berkelompok dan menggunakan kertas yang berisikan informasi dimana memperoleh persentase sebesar 44,60%, dan pada siklus III peneliti menyampaikan informasi dengan menggunakan video yang berisikan tentang materi, dimana memperoleh pesentase sebesar 56,78%. Pada penelitian ini siklus III mengalami penikatan penerapan disiplin, dimana pada siklus III pemberian layanan informasi mengunakan video sangat meningkatkan penerapan disiplin siswa. Dengan kata lain bahwa hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan disiplin pada siklus III lebih baik dan dapat meningkat dari pada siklus I dan siklus II
Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NESVIA SYAFITRI |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 04:52 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:07 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10728 |
Actions (login required)
View Item |