DWI AFRINI, WINDA (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS XI SMA PGRI 2 KOTA JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (24kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (350kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (10kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (166kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
Abstract
ABSTRAK Afrini, Winda Dwi. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Kelas XI SMA PGRI 2 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Afreni Hamidah, S.Pt., M.Si., Pembimbing (II) Ali Sadikin, S.Pd.I., M.Pd. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem gerak pada manusia. Jenis penelitian ini adalah True-Eksperimen dengan pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI 2 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Oktober-09 November 2019. Sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model jigsaw sedangkan kelas kontrol menggunakan metode diskusi. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan tes berupa soal pilihan ganda untuk penilaian aspek kognitif, lembar penilaian diri dan lembar penilaian antar peserta didik untuk aspek afektif, dan lembar kerja kelompok siswa untuk penilaian aspek psikomotorik. Data hasil belajar dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Adapun t_hitung hasil belajar aspek kognitif dengan α=0,05 diperoleh t_hitung ˃ t_tabel yaitu 2,179 ˃ 1,694. t_hitung untuk aspek afektif dengan α=0,05 diperoleh t_hitung ˃ t_tabel yaitu 5,22 ˃ 1,694. Sedangkan t_hitung untuk aspek psikomotorik dengan α=0,05 diperoleh yaitu 1,905 ˃ 1,694. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran model jigsaw dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi pada materi sistem gerak pada manusia. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMA PGRI 2 Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QR Microbiology |
Depositing User: | WINDA DWI AFRINI |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 04:55 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 04:55 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10741 |
Actions (login required)
View Item |