PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NORMA DALAM MASYARAKAT KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI

NURAINI, NURAINI (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CAI (COMPUTER ASSISTED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI NORMA DALAM MASYARAKAT KELAS VII SMPN 22 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (346kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK Nuraini. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Norma Dalam Masyarakat Kelas VII SMPN 22 Kota Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, FKIP Universitas Jambi Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran, CAI, Hasil Belajar, Norma dalam Masyarakat Multimedia pembelajaran interaktif berbasis komputer, atau biasa disebut pembelajaran berbantuan komputer (computer assisted instructional/CAI), adalah salah satu multimedia pembelajaran interaktif yang sangat menarik dan mampu meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Maka guru hendaknya mempersiapkan multimedia pembelajaran untuk membantu memudahkan siswa memahami konsep dan memecahkan masalah sehari-hari terkait norma-norma dalam masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) pada materi norma dalam masyarakat dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMPN 22 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan multimedia pembelajaran dengan pemberian tes untuk mengetahui hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli materi dan ahli media, angket tanggapan guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil analisis post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran dari 28 siswa sebanyak 25 siswa hasil belajar dengan nilai tuntas dan hanya 3 siswa yang tidak tuntas sehingga diperoleh 89% ketuntasan kelas untuk nilai siswa yang mencapai batas keriteria ketuntasan minimum nilai sebesar 70. Dan dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran yang dibuat sudah dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga multimedia pembelajaran ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran materi norma-norma dalam masyarakat.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NURAINI
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:54
Last Modified: 09 Mar 2020 06:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

View Item View Item