PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SENTRADI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI

LESTARI, MITA DEWI (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN SENTRADI TAMAN KANAK-KANAK KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (527kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Mita D. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Sentra di Taman Kanak-kanak Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si., (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I. Kata kunci: video pembelajaran, kearifan lokal, pembelajaran sentra Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya panduan guru dalam mengajar menggunakan model pembelajaran sentra. Selain itu juga karena kurang seimbangnya kemajuan teknologi dan kearifan lokal. Maka setelah disurvei ternyata di lapangan membutuhkan panduan model pembelajaran sentra khususnya yang berbasis kearifan lokal. Video pembelajaran merupakan salah satu media yang mengandung dan mampu menyampaikan pesan-pesan pembelajaran secara auditif dan visual. Kearifan lokal adalah tatanan sosial budaya dalam bentuk pengetahuan, norma, peraturan dan keterampilan masyarakat di suatu wilayah yang diwariskan secara turun temurun. Sedangkan pembelajaran sentra adalah pembelajaran yang berfokus pada anak yang dalam proses pembelajarannya berpusat di sentra main. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development of Production, Implementation or Delivery, and Evaluation). Pada tahap validasi materi diperoleh presentase 94%, maka ini menunjukan kriteria yang sangat baik. Begitu pula dengan validasi desain media yang memperoleh presentase 81,25 %, maka ini menunjukan kriteria yang baik. Dengan demikian hasil dari validasi video pembelajaran telah dikatakan layak untuk diujicobakan. Hasil dari angket persepsi responden yang memperoleh angket dan video pembelajaran sebanyak 70 responden terdiri dari dari 2 Orang Dosen PG-PAUD Universitas Jambi, 30 Guru TK Se-Kota Jambi, dan 38 Mahasiswa PG-PAUD Universitas Jambi tersebut didapat hasil rata-rata respon adalah 86% dengan kategori sangat baik. Jadi berdasarkan hasil dari 2 validator dan 70 responden bahwa respon positif yang dihasilkan menyatakan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MITA DEWI LESTARI
Date Deposited: 09 Mar 2020 04:11
Last Modified: 09 Mar 2020 04:11
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10781

Actions (login required)

View Item View Item