ISWARI, IKHWANDA (2020) Pengembangan Bahan Ajar Pengukuran Besaran dan Satuan Berorientasi Conceptual Understanding untuk Sekolah Menengah Pertama. S1 thesis, FKIP.
Text
Cover.pdf Download (206kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (279kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (153kB) |
Abstract
Bahan ajar merupakan salah satu kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu tujuan siswa mempelajari IPA adalah untuk mengembangkan pemahaman konsep sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu diperlukan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki sistem pembelajaran melalui pengembangan bahan ajar. Sehingga penulis mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar materi pengukuran besaran dan satuan yang berorientasi pemahaman konsep (conceptual understanding). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar pengukuran besaran dan satuan berorientasi conceptual understanding yang dapat membantu siswa mempelajari materi tersebut dengan pemahaman konsep yang tepat. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisys, design, development, implementation, dan evaluation. Namun pengembangan pada penelitian ini hanya dilakukan hingga tahap development. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 5 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi dan angket persepsi guru dan siswa. Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari hasil validasi tim ahli dan uji coba angket persepsi. Hasil validasi ahli materi adalah 95,78% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli media adalah 94,79% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil analisis data persepsi guru diperoleh persentase sebesar 85,17% dengan kategori “Sangat Baik” dan persepsi siswa diperoleh persentase sebesar 82,55% dengan kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahan ajar pengukuran besaran dan satuan Berorientasi conceptual understanding ini dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang dapat memberikan pemahaman konsep yang tepat pada siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ikhwanda Iswari |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 07:05 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10786 |
Actions (login required)
View Item |