PENGARUH METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BATANGHARI

Wulan, Tri (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN POINT COUNTER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BATANGHARI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (186kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (148kB)

Abstract

ABSTRAK Tri Wulan. 2019. “Pengaruh Penggunaan metode pembelajaran Point Counter Point Terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Jurusan PIPS FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dra. Hj. May Maemunah, M. E, Pembimbing II Dra. Refnida, M.E Kata Kunci: Metode Pembelajaran Point Counter Point, Hasil Belajar Berdasarkan hasil observasi peneliti, masih terdapat hasil belajar siswa yang di bawah KKM bahkan rata-rata hasil belajar masih setara KKM yang tertinggi, upaya yang dapat dilakukan guru untuk menciptakan hasil belajar dari proses pembelajaran tersebut adalah dengan mengubah metode pembelajaran yaitu dengan metode pembelajaran kooperatif dan konvensional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Penggunaan metode pembelajaran Point Counter Point Terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari. Jenis penelitian yang digunakan ini kuantitatif, dalam penelitian ini akan di gunakan Quasi Experimental Design. Sehubungan dengan penelitian ini, akan diungkap mengenai untuk mengetahui Penggunaan metode pembelajaran Point Counter Point Terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari. Berdasarkan hasil penelitian, Fhitung < Ftabel, yaitu 1.05 < 3,32 maka dapat disimpulkan bahwa kelas eksperimen dan kelas control memiliki variansi yang homogen. Dari uji hipotesis dilihat bahwa thitung > ttabel yaitu 4.134049 > 1,6716 . T tabel didapat dari n1+n2 -2 = 58 yang dalam distribusi T tabel didapat nilai 1,6716 Data tersebut menunjukan pengaruh yang signifikan pengaruh penggunaan metode pembelajaran poin counter poin terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari. Sehingga dapat disimpulkan terdapat Penggunaan metode pembelajaran Point Counter Point Terhadap hasil belajar pada pelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Batanghari.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TRI WULAN
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:53
Last Modified: 09 Mar 2020 06:53
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10790

Actions (login required)

View Item View Item