PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

Denitya Utami, Yolanda (2020) PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (583kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN (1).pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (9kB)

Abstract

Kata kunci: meningkatkan kemampuan, outdoor learning, teks deskripsi Keterampilan menulis tidak datang begitu saja melainkan perlunya proses belajar dan latihan, permasalahan ini umumnya terjadi disekolah-sekolah. Salah satu materi yang melatih keterampilan menulis yaitu menulis teks deskripsi. Materi teks deskripsi dipelajari oleh siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII B. Saat dilaksanakan observasi sebagian besar siswa kesulitan menulis teks deskripsi karena guru menggunakan pendekatan di dalam kelas yang membuat siswa hanya terpaku di dalam kelas karena tidak memperhatikan objeknya secara nyata atau langsung. Hal tersebut juga menghambat proses berpikir siswa dalam menemukan ide dan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deksripsi melalui pembelajaran outdoor learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada November 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menggunakan pendekatan outdoor learning atau di luar kelas pada proses pembelajaran, kemudian dilakukannya pengamatan dan pemberian tugas kepada siswa berupa menulis teks deskripsi (sebagai data utama), wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan pengamatan keaktifan, konsentrasi, dan keseriusan siswa dalam kegiatan menulis (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membuat judul, mengidentifikasikan, mendeskripsikan, dan membuat kesimpulan. Pada pra tindakan hanya 5 siswa yang tuntas dari 29 jumlah siswa, pada siklus I 15 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 24 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas dalam menulis teks deskripsi. Jadi, menerapkan pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi, bukan hanya meningkatkan hasil tulisan siswa tetapi juga meningkatkan keaktifan, perhatian dan konsetrasi, dan keseriusan siswa dalam kegiatan menulis. Oleh sebab itu, pembelajaran outdoor learning atau pembelajaran di luar kelas sangat dianjurkan karena berpengaruh terhadap proses berpikir kreatif siswa dan dapat membantu siswa untuk menemukan kosa kata yang belum terpikir sebelumnya oleh mereka dan juga dapat menentukan diksi yang tepat dalam mendeksipsikan sebuah objek.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YOLANDA DENITYA UTAMI
Date Deposited: 09 Mar 2020 06:56
Last Modified: 09 Mar 2020 06:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10792

Actions (login required)

View Item View Item