ROHMAH, SITI NURUR (2020) PEMBELAJARAN LESSON STUDY UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP ILMIAH SISWA PADA MATERI TEORI KINETIK GAS DI KELAS XI IPA 3 SMAN 1 MUARO JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER-converted.pdf Download (49kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI-converted.pdf Download (204kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB I-converted.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (64kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang efektif, guru masih menerapkan pembelajaran konvensional. Sebagian besar siswa tidak memperhatikan guru saat mengajar, mengobrol di dalam kelas, mengantuk, dan juga bermalas-malasan, hal ini yang menyebabkan rendahnya sikap ilmiah siswa, sehingga menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran di SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa melalui pembelajaran Lesson Study pada materi Teori Kinetik Gas di Kleas XI IPA 3 SMAN 1 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Muaro Jambi pada November 2019. Penelitian ini merupakan penelitian Lesson Study, pada penelitian Lesson Study terdiri dari 3 tahapan yaitu, plan (Perencanaan), do (Pelaksanaan), dan see (Refleksi). Pada masing-masing tahapan guru model berkolaborasi bersama observer. Pada penelitian ini dilakukan 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan lesson study untuk menumbuhkan sikap ilmiah siswa kelas XI IPA 3 menggunakan tahapan plan (Perencanaan), do (Pelaksanaan), dan see (Refleksi). Pada siklus pertama berdasarkan data pengamatan mayoritas siswa memiliki sikap ilmiah yang masih rendah, kurangnya perhatian terhadap kegiatan pembelajaran. Pada siklus kedua, tindakan yang dilakukan guru model bersama observer adalah memfokuskan kepada siswa yang memilki sikap ilmiah yang rendah, berdasarkan data pengamatan bahwa sikap ilmiah siswa lebih baik dari pada siklus sebelumnya Hal ini dikarenakan guru model bersama observer berkolaborasi untuk memperbaiki proses pembelajaran pada siklus pertama. Saran bagi guru, sebaiknya setiap guru bidang studi melakukan Lesson Study dalam kegiatan pembelajarannya. Karena kegiatan Lesson Study baik dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Lesson Study dapat memperbaiki proses pembelajaran karena kegiatan Lesson Study dilakukan secara bersama di setiap tahapannya Kata Kunci: Lesson Study, Sikap Ilmiah, Siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan > Kedokteran |
Depositing User: | SITI NURUR ROHMAH |
Date Deposited: | 10 Mar 2020 07:11 |
Last Modified: | 10 Mar 2020 07:11 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10812 |
Actions (login required)
View Item |