ANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI LESSON STUDY PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI

Charmeilia, Vivi (2020) ANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA MELALUI LESSON STUDY PADA MATERI SUHU DAN KALOR KELAS XI SMA ADHYAKSA 1 JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (171kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah siswa pada materi suhu dan kalor kelas XI SMA Adhyaksa 1 Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Jambi pada November 2019. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi semua hal yang dicatat dan ditemukan peneliti secara aktif selama studi, seperti transkip wawancara, lembar observasi sikap ilmiah dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh langsung dari Kepala sekolah, Guru fisika, Observer dan Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA Adhyaksa 1 Jambi. Penelitian ini menerapkan lesson study pada setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan dan Refleksi dan dilakukan sebanyak dua siklus. Pengamatan sikap ilmiah siswa dilakukan pada tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh observer menggunakan lembar observasi sikap ilmiah dan selama pembelajaran berlangsung semua kegiatan siswa didokumentasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I beberapa indikator sikap ilmiah siswa masih tergolong dan pada siklus II sikap ilmiah beberapa siswa mulai membaik. Tetapi ada beberapa siswa yang sikap ilmiahnya di indikator menanyakan setiap langkah kegiatan, meragukan temuan teman, mengulangi kegiatan yang dilakukan, tidak mengabaikan data meskipun kecil dan berpartisipasi aktif dalam kelompok lebih rendah dari pada disiklus sebelumnya. Dan jumlah siswa yang sikap ilmiahnya rendah pada indikator mengulangi kegiatan yang dilakukan, tidak mengabaikan data meskipun kecil dan menerima saran dari teman meningkat dari pada disiklus sebelumnya. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru hendaknya mengetahui sikap ilmiah siswa, karena dengan mengetahuinya guru dapat menjadikan informasi itu sebagai landasan untuk meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran dan dalam melakukan evaluasi pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: VIVI CHARMEILIA
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:04
Last Modified: 16 Mar 2020 03:04
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item