MARPUAH, SITI (2020) Implementasi Lesson Study dan Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X MIA 3 SMAN 12 Kota Jambi pada Materi Gerak Lurus. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (32kB) |
|
Text
Lembar pengesahan.pdf Download (394kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (327kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (305kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa kelas X MIA 3 SMAN 12 Kota Jambi, melalui implementasi Lesson Study dalam kegiatan pembelajaran materi gerak lurus. Penelitian ini dilakukan di SMAN 12 Kota Jambi pada Desember 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan pengamatan terhadap siswa dengan menggunakan lembar observasi yang diamati oleh observer dan dilakukan dokumentasi rekaman video selama proses pembelajaran berlangsung. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskiptif pendekatan studi kasus untuk menggambarkan keadaan siswa terhadap indikator keterampilan proses sains setiap siklus melalui penerapan Lesson Study pada materi gerak lurus. Penelitian ini merupakan penelitian Lesson study yang memiliki 3 tahapan yaitu tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (do), dan tahap repleksi (see) yang dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh observer pada siklus I, masih banyak siswa yang memiliki keterampilan proses sains terhadap beberapa indikator dengan kategori rendah. Hal ini menunjukkan terdapat permasalahan yang perlu menjadi fokus untuk diperbaiki pada siklus II. Hasil pada siklus II merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan sebagai perbaikan pada siklus I. Perbaikan dilakukan berdasarkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II memiliki tahapan yang sama pada siklus I agar permasalahan dalam siswa berkurang. Dari hasil penelitian ini disarankan setiap guru bidang studi melakukan Lesson study dalam kegiatan pembelajaran. Karena kegiatan Lesson Study sangat baik dilakukan untuk mengurangi permasalahan siswa dalam proses pembelajaran karena kegiatan Lesson study dilakukan secara bersama disetiap tahapan. Kata Kunci: lesson study, keterampilan proses sains, siswa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SITI MARPUAH |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 01:34 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10823 |
Actions (login required)
View Item |