TRIA GUSNITA, RISDA (2020) PENGARUH BERMAIN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM TERHADAP KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASI BENDA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI VI KECAMATAN JAMBI TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (105kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (329kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (241kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (262kB) |
Abstract
ABSTRAK Gusnita, Risda Tria. 2020. Pengaruh Bermain Menggunakan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Mengklasifikasi Benda Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi VI Kecamatan Jambi Timur: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Nyimas Muazzomi, S.Ag,. M.Pd.I., (II) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd., Kata kunci: Bermain menggunakan bahan alam, mengklasifikasi benda Berdasarkan Pengamatan awal di TK Pertiwi VI Kecamatan Jambi Timur pada anak usia 5-6 tahun diketahui bahwa dari 15 anak kelas kelompok B hanya ada beberapa anak yang klasifikasi benda nya mulai berkembang. Masih banyaknya anak yang klasifikasi bendanya belum berkembang ini terlihat saat kegiatan pembelajaran berlangsung seperti kegiatan bercakap-cakap maupun tanya jawab bersama guru terlihat hanya beberapa anak yang mersepon pertanyaan guru dan memperhatikan guru saat berbicara. Pada saat kegiatan bermain balok, anak belum dapat menyebutkan mana yang persegi empat dan mana yang persegi panjang, lalu pada saat guru bertanya ukuran balok pun anak masih ragu-ragu dalam menjawab nya. Namun ada sebagian anak yang menjawab namun belum tepat. Pada kriteria yang lain seperti mengelompokkan dan mengurutkan, belum terlihat jelas. Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bermain menggunakan bahan alam terhadap kemampuan mengklasifikasi benda anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi VI Kecamatan Jambi Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental. Dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan menilai sebanyak dua kali yakni sebelum diberi tindakan (Pretest) dan sesudah diberi tindakan (Posstest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Pertiwi VI Kelompok B. Sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelas kelompok B TK Pertiwi VI yang berjumlah 15 anak. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t berpasangan (t-student) dan untuk mengetahui besar pengaruh bermain menggunakan bahan alam terhadap kemampuan mengklasifikasi benda anak dalam penelitian ini, dapat diketahui dengan menggunakan rumus indeks N-Gain Score. Nilai indeks N-Gain score sebesar 0,75 yang berarti > 0,70 maka pengaruhnya tergolong tinggi. Hasil uji t berpasangan (t-student) membuktikan bahwa
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RISDA TRIA GUSNITA |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 01:35 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 01:35 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10835 |
Actions (login required)
View Item |