MAYLANDARI, SELA (2020) Pengembangan Bahan Ajar Perubahan Wujud Zat Berorientasi Conceptual Understanding untuk Siswa SMP. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (206kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (415kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (394kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (288kB) |
Abstract
Pemahaman konsep adalah hal yang sangat penting dalam Pembelajaran IPA khususnya fisika karena dengan memahami konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari materi yang diajarkan. Hasil analisis dokumen menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan di SMP Negeri 2 Kota jambi berupa buku teks dan LKS yang penjelasan materinya cukup sulit dipahami dan belum menekankan pada pemahaman konsep. Sehingga penulis mengembangkan sebuah bahan ajar perubahan wujud zat berorientasi pemahaman konsep (conceptual understanding). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan kualitas produk bahan ajar perubahan wujud zat berorientasi conceptual understanding untuk siswa SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisys, design, development, implementation, dan evaluation. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Development. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi, angket persepsi guru dan angket persepsi siwa. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah bahan ajar perubahan wujud zat berorientasi conceptual understanding yang telah divalidasi dan dinyatakan layak diuji cobakan. Hasil validasi tim ahli terhadap materi adalah 95,78% dengan kategori “Sangat Baik”, ahli media adalah 95% dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil analisis data persepsi guru diperoleh sebesar 87,75% dengan kategori “Sangat Baik” dan persepsi siswa diperoleh persentase sebesar 83,23% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar perubahan wujud zat berorientasi conceptual understanding yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan dalam proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Sela Maylandari |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 02:05 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 02:05 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10874 |
Actions (login required)
View Item |