EFFRITA, AYU (2020) Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi pada Materi Cahaya. S1 thesis, FKIP.
Text
1. cover.pdf Download (205kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (139kB) |
|
Text
3. Daftar isi.pdf Download (240kB) |
|
Text
6. Bab 1.pdf Download (312kB) |
|
Text
10. Bab 5.pdf Download (185kB) |
Abstract
Abstrak Effrita, Ayu. 2019. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Kecamatan Danau Teluk Kota Jambi pada Materi Cahaya: Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Maison M.Si., Ph.D. (II) Nova Susanti, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Miskonsepsi, Cahaya. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Kota Jambi dan MTS Negeri 1 Kota jambi. Penelitian ini di lakukan di SMP Negeri 3 Kota Jambi dan MTS Negeri 1 Kota jambi. Pada November 2019. Data ini diperoleh dengan menyebarkan instrumen tes diagnostik berupa Four Tier Diagnostic Test, setelah itu data dianalisis dengan menggunakan metode Four Tier Diagnostic Test. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di SMP Negeri 3 Kota Jambi dan MTS Negeri 1 Kota Jambi mengalami miskonsepsi diketahui ada dua belas miskonsepsi yaitu: 1) Cahaya tidak bisa menjangkau tempat yang jauh, tetapi pengamat yang jauh itu bisa melihat sumber cahaya tersebut. 2) Cahaya hanya menempu jarak sejauh posisi pengamat. 3) Jika cahaya tidak bisa menerangi suatu tempat, maka cahaya tidak sampai ke tempat itu. 4) Cahaya yang redup hanya bisa terlihat jika ada cahaya yang lebih terang mengenainya. 5) Intensitas cahaya lilin atau lampu lebih kecil pada siang hari dibanding malam hari. 6) Jarak tempuh cahaya lilin pada siang hari lebih pendek dari pada malam hari. 7) Cahaya lilin tidak bisa mencapai jarak yang jauh. 8) Pada saat melihat benda tidak ada pantulan cahaya dari benda ke mata. 9) Benda bisa dilihat karna ada sinyal yang dipancarkan mata ke benda. 10) Benda yang berwarna putih akan menyerap cahaya dan tidak memantulkan cahaya tersebut. 11) Warna benda tidak ditentukan oleh warna cahaya yang mengenai benda tersebut. 12) Jika cahaya polikromatik melewati benda berwarna maka warna benda tersebut akan mempengaruhi warna cahaya.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | AYU EFFRITA |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 02:17 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 02:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10881 |
Actions (login required)
View Item |