ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KELAPA DALAM (Cocos Nucifera L) DENGAN PENDEKATAN STRUCTURE, CONDUCT, PERFORMANCE (SCP) DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT

WULAN, ANZAR (2017) ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KELAPA DALAM (Cocos Nucifera L) DENGAN PENDEKATAN STRUCTURE, CONDUCT, PERFORMANCE (SCP) DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
artha_20170705_0001.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui 1) gambaran saluran pemasaran kelapa dalam, dan 2) efisiensi pemasaran kelapa dalam dilihat dari analisis market structure. market conduct, market performance (SCP). Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada bulan November 2016 sampai Desember 2016. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan structure, conduct, performance (SCP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran kelapa butir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terdiri dari lima pola saluran pemasaran yaitu : I) Petani-(PPD)-(PPKec)-(PPKab)-Agen luar provinsi ; II) Petani-(PPD)-(PPKec)-agen luar provinsi ; III) Petani-(PPKec)-(PPKab)-Agen luar provinsi ; IV) Petani-(PPD)-(PPKec)-Agen luar provinsi dalam kabupaten ; V) Petani-(PPKec)-Agen luar provinsi dalam kabupaten. Struktur pasar pada pemasaran kelapa butir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengarah kepada oligopoli murni. Pada perilaku pasar, lembaga pemasaran yang terlibat memiliki perilaku yang berbeda-beda. Harga ditentukan secara sepihak. Sistem pembayaran kemudian masih terjadi antara petani dengan pedagang pengumpul desa. Kinerja pasar menunjukkan penyebaran margin, farmer’s share, dan rasio keuntungan tidak merata pada masing-masing lembaga pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, saluran pemasaran IV (petani-pedagang pengumpul kecil (PPK)-pengecer-konsumen) merupakan alternatif saluran pemasaran yang efisien yang dapat dipilih oleh petani. Kata kunci: Efisiensi pemasaran, saluran pemasaran, SCP (structure, conduct, performance)

Type: Thesis (S1)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: ANZAR WULAN
Date Deposited: 05 Jul 2017 07:47
Last Modified: 05 Jul 2017 07:47
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1089

Actions (login required)

View Item View Item