Susanti, Dewi (2020) ANALISIS PROSES BERPIKIR ALJABAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA ANGKATAN 2018 DALAM PENYELESAIAN SOAL ALJABAR BERDASARKAN KERANGKA KERJA ASIMILASI. S1 thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Text
1. HALAMAN SAMPUL-dikonversi.pdf Download (41kB) |
|
Text
9. DAFTAR ISI.pdf Download (155kB) |
|
Text
10. BAB I.pdf Download (303kB) |
|
Text
14. BAB V.pdf Download (147kB) |
|
Text
h. pengesahan.pdf Download (588kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya berpikir aljabar bagi mahasiswa pendidikan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir aljabar mahasiswa pendidikan matematika angkatan 2018 dalam penyelesaian soal aljabar berdasarkan kerangka kerja asimilasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini dipilih berdasarkan kelompok jawaban mahasiswa yang sudah jenuh dari penyelesaian soal yang dilakukan. Dalam penelitian ini terbentuk tiga kelompok jawaban, dari masing-masing kelompok tersebut diambil satu mahasiswa untuk dijadikan sebagai subjek penelitian dan kemudian dianalisis lebih lanjut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa pertama berpikir aljabar dengan: 1) menemukan pola dari soal dengan membentuk penjabaran dari persamaan yang diketahui, 2) menemukan hubungan antar variabel dalam penjabaran tersebut, 3) membentuk model matematika dari pola yang ditemukan, 4) membentuk persamaan baru dari manipulasi variabel yang dilakukan, 5) menyelesaikan persamaan dengan melakukan operasi matematis, 6) mencari nilai lain dengan menggunakan pemodelan yang diperoleh. Kemudian untuk mahasiswa kedua dan ketiga berpikir aljabar dengan: 1) menemukan hubungan antar variabel dari soal, 2) membentuk persamaan baru dengan memanipulasi variabel dari hubungan yang dipahami, 3) menyelesaikan persamaan dengan melakukan operasi matematis.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Dewi Susanti |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 01:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10895 |
Actions (login required)
View Item |