PENGARUH PENDEKATAN JOYFULL LEARNING MENGGUNAKAN METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIPA SM A N 10 KOTA JAMBI

SYOFIANA, INA (2020) PENGARUH PENDEKATAN JOYFULL LEARNING MENGGUNAKAN METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI KELAS X MIPA SM A N 10 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (24kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (965kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSTRAK Syofiana, Ina. 2020. Pengaruh Pendekatan Joyfull Learning Menggunakan Metode Mind Map Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan di Kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP universitas jambi. Pembimbing: (I) Dr. Dra. Evita anggreini, M.Si (II) Mia Aina, S.Pd,.M.Pd Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Joyfull Learning, metode belajar Mind Map, dan hasil belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam belajar yaitu dengan menerapkan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran seperti pendekatan pembelajaran Joyfull Learning menggunakan metode Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran Joyfull Learning menggunakan metode Mind Map pada materi pencemaran lingkungan. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen dengan pengambilan sampel secara random. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen menerapkan pendekatan pembelajaran Joyfull Learning menggunakan metode Mind Map sedangkan pada kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran yang ada di SMAN 10 Kota Jambi. Pengambilan data aspek kognitif dengan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda, aspek afektif dengan menggunakan lembar penilaian diri dan lembar penilaian antar peserta didik, dan aspek psikomotor menggunakan lembar observasi yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Adapun thitung hasil belajar kognitif dengan α (0,05) diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,568>1,669 hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kognitif di kedua kelas kontrol dan eksperimen berbeda secara nyata. Hasil belajar afektif dengan α (0,05) diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,2454>1,669 hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar afektif di kedua kelas kontrol dan eksperimen berbeda secara nyata. Hasil belajar psikomotorik dengan α (0,05) diperoleh thitung >ttabel yaitu 2,7449> 1,669 hasil ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar psikomotorik biologi di kedua kelas kontrol dan eksperimen berbeda secara nyata. Dari analisis uji hipotesis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar aspek kognitif, afektif dan aspek psikomotor yang menerapkan pendekatan pembelajaran Joyfull Learning menggunakan metode Mind Map ada kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan model dan metode pembelajaran yang ada di sekolah pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 10 Kota Jambi. vi

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Depositing User: INA SYOFIANA
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:22
Last Modified: 16 Mar 2020 03:22
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10898

Actions (login required)

View Item View Item