SAPUTRI, DIAH (2020) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES CONCEPTUAL UNDERSTANDING BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI LISTRIK ARUS SEARAH DI KELAS XII SMA. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER.pdf Download (130kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (223kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (175kB) |
Abstract
Saputri, Diah. 2020. Pengembangan Instrumen Tes Conceptual Understanding Berbasis Kontekstual pada Materi Listrik Arus Searah di Kelas XII SMA: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam,FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Menza Hendri, M.Pd (II)Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Instrumen Tes, Conceptual Understanding, Pendekatan Kontekstual, Listrik Arus Searah Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes conceptual understanding berbasis kontekstual yang dapat mengukur tingkat pemahaman konsep siswa terhadap materi listrik arus searah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan. Pada tahapan ini akan dihasilkan instrumen tes pemahaman konsep yang kemudian divalidasi oleh tim ahli yang selanjutnya diujicobakan pada siswa untuk mengetahui tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPA SMA N 8 Kota Jambi yang berjumlah 100 orang siswa. Produk yang dihasilkan pada penelitian pengembangan ini adalah 16 item instrumen tes conceptual understanding berbasis kontekstual pada materi listrik arus searah. Hasil validasi tim ahli materi diperoleh persentase sebesar 98 % dengan kategori “Sangat Valid”. Hasil analisis butir soal dari uji coba tiap instrumen menunjukkan bahwa semua item instrumen tes memiliki kategori valid dengan interpretasi “Sedang”, “Tinggi” dan “Sangat Tinggi”. Rata-rata tingkat kesukaran butir soal berada pada kategori “Sedang” dengan nilai 0,36, rata-rata daya pembeda butir soal berada pada kategori “Baik” dengan nilai 0,50 dan reliabilitas instrumen tes conceptual understanding memiliki kategori “Sangat Tinggi” dengan nilai 0,90, artinya instrumen tes conceptual understanding berbasis kontekstual ini reliabel atau dapat dipercaya untuk digunakan dalam mengukur tingkat pemahaman konsep siswa.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Diah Saputri |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 03:10 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 03:10 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10899 |
Actions (login required)
View Item |