PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BANTUAN MEDIA PAPAN PETAK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MODELING MATHEMATICS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI

Safitri, Gita (2020) PERBANDINGAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN BANTUAN MEDIA PAPAN PETAK PADA PEMBELAJARAN BERBASIS MODELING MATHEMATICS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG DI KELAS VIII SMP N 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (11kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (409kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis modeling mathematics berbantuan media papan petak lebih baik daripada pembelajaran langsung berbantuan media papan petak. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal pretest dan posttest kemampuan literasi matematis. Setelah data pretest dan posttest didapat akan dianalisis secara kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Grup Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Muaro Jambi yang berjumlah 223 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa soal essay untuk melihat kemampuan literasi matematis siswa. Data tes dianalisis menggunakan uji pihak kanan dengan uji-t untuk mengetahui apakah kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis modelling mathematics berbantuan media papan petak lebih baik daripada pembelajaran langsung berbantuan media papan petak. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan adalah sebagai berikut. Berdasarkan hasil uji-t yang telah dilakukan, dimana thitung > ttabel yaitu 3.39 > 2.052 yang berarti menolak H0 dan menerima H1. Dengan demikian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa pada pembelajaran berbasis modeling mathematics berbantuan media papan petak lebih baik daripada pembelajaran langsung berbantuan media papan petak. Dengan nilai rata-rata hasil posttest kemampuan literasi matematis pada kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis modeling mathematics berbantuan media papan petak sebesar 64.85714286, sedangkan nilai rata-rata hasil tes kemampuan literasi matematis pada kelas yang menerapkan pembelajaran langsung berbantuan media papan petak sebesar 51.57142857.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: GITA SAFITRI
Date Deposited: 16 Mar 2020 01:49
Last Modified: 16 Mar 2020 01:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10905

Actions (login required)

View Item View Item