PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENANAMKAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI PLSV DIKELAS VII SMP N 11 KOTA JAMBI

HANIFA OCTAFIANI, PUTRI (2020) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENANAMKAN NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP PADA MATERI PLSV DIKELAS VII SMP N 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (94kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berlakunya MEA (masyarakat ekonomi ASEAN) di indonesia berdampak pada dunia pendidikan indonesia dikarenakan SDM yang ada dituntut untuk dapat bersaing, sehingga melalui pendidikan peserta didik diarahkan untuk dapat memahami materi pelajaran dan memiliki jiwa kewirausahaan. Untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan bahan ajar yang dapat menanamkan nilai kewirausahaan dalam diri peserta didik. Sehingga dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis pendekatan kontekstual dengan menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada materi persamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi pada November 2019. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, prosedur yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Four-D yang dimodifikasi menjadi 3D (define, design, dan development). Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar. Hasil penelitian: 1) penelitian telah menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis kontekstual dengan menanamkan nilai-nilai entrepreneurship pada materi PLSV kelas VII SMP; 2) hasil penilaian ahli materi sebesar 88,67 % dengan kriteria sangat valid dan penilaian ahli media sebesar 84,335% dengan kriteria cukup valid; 3) memperoleh penilaian kepraktisan oleh guru sebesar 92% dengan kriteria sangat praktis dan penilaian kepraktisan oleh siswa sebesar 80,74% dengan kriteria cukup praktis; 4) kriteria keefektifan berdasarkan tes hasil belajar terdapat 29 orang siswa yang mencapai ≥ 75 sehingga persentase ketuntasan mencapai 87, 879% sedangkan hasil angket respon siswa 86,01% dengan kriteria efektif. Modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar dan dapat menanamkan nilai entrepreneurship pada diri peserta didik.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Putri Hanifa Octafiani
Date Deposited: 18 Mar 2020 01:56
Last Modified: 18 Mar 2020 01:56
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10909

Actions (login required)

View Item View Item