SUSI, MARIANA (2020) ANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA PADA PEMBELAJARAN LESSON STUDY DI KELAS X MIPA 2 SMAN 11 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER .pdf Download (31kB) |
|
Text
BAB I fix.pdf Download (449kB) |
|
Text
BAB Vfix.pdf Download (168kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (163kB) |
|
Text
penngesahan persetujuan pernyataan susi.pdf Download (496kB) |
Abstract
Mariana, Susi. 2020. Analisis Sikap Ilmiah Siswa pada Pembelajaran Lesson Study di Kelas X MIPA 2 SMAN 11 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP. Universitas jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (II) Fibrika Rahmat Basuki, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Sikap ilmiah, lesson study. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap ilmiah siswa kelas X MIPA 2 SMAN 11 Kota Jambi. Latarbelakang penelitian ini dikarenakan terdapat beberapa indikator sikap ilmiah siswa yang masih kurang sehingga perlu untuk diperbaiki agar meningkatkan kualitas pembelajaran. Upaya yang dilakukan yaitu dengan menerapkan pembelajaran lesson study yang mana melalui tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X MIPA 2 SMAN 11 Kota Jambi yang terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus tahapan lesson study. Hasil penelitian ini, sikap ilmiah siswa kelas X MIPA 2 SMAN 11 Kota Jambi pada siklus 1 lesson study memperlihatkan ada beberapa siswa dengan indikator sikap ilmiah yang masih kurang hal ini dapat dilihat bahwa ada beberapa siswa yang kurang aktif mengikuti pembelajaran. Siklus 2 lesson study dimaksudkan memperbaiki pembelajaran pada siklus 1 sehingga siklus 2 ini dilakukan berdasarkan hasil refleksi siklus 2. Hasil sikap ilmiah siswa pada siklus 2, ada beberapa indikator sikap ilmiah untuk beberapa siswa yang dapat diperbaiki, tetapi ada juga siswa yang justru menurun dari siklus 1 hal ini dikarenakan siswa yang kurang fokus terhadap pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru bisa menerapkan lesson study dalam kegiatan pembelajarannnya, karena lesson study baik digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Susi Mariana |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 03:53 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/10965 |
Actions (login required)
View Item |