PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS BERDASARKAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY

Veronica, Aulia (2020) PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI PADA MATERI FLUIDA STATIS BERDASARKAN PEMBELAJARAN COLLABORATIVE INQUIRY. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Image
005.jpg

Download (1MB)
[img] Image
004.jpg

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI new.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (397kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (184kB)

Abstract

Pentingnya seseorang menguasai suatu konsep adalah agar ia mampu berkomunikasi, mengklasifikasikan ide, gagasan atau peristiwa yang dialaminya dalam kehidupan sehari-hari. Pencapaian peserta didik dalam memahami suatu konsep menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam proses pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk memenuhi pemahaman konsep adalah dengan implementasi pembelajaran yang sesuai. Collaborative Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang mendorong siswa untuk dapat berfikir dalam membangun sebuah pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa kelas XI setelah dibelajarkan dengan Collaborative Inquiry di SMAN 8 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas XI Mipa 4 dan XI Mipa 5 SMAN 8 Kota Jambi. Hasil belajar siswa yang diperoleh dalam penelitian ini diukur melalui tes hasil belajar secara kuantitatif. Dalam analisis data, terdapat dua hal yang dianalisis yaitu nilai pre-test dan nilai post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji persyaratan analisis yang telah dilakukan didapatkan data berdistribusi normal dan mempunyai varian sama untuk hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan uji hipotesis pada data pre-test diketahui bahwa tidak ada perbedaan nilai pre-test siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada data post-test diketahui bahwa ada perbedaan rata-rata nilai post-test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dalam penelitian terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran inkuiri lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa yang didapatkan dalam pembelajaran baik pada kelas eksperimen dan kontrol mengalami peningkatan. Namun, pada kelas kontrol peningkatan tidak terlalu signifikan seperti pada kelas eksperimen.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AULIA VERONICA
Date Deposited: 17 Mar 2020 02:10
Last Modified: 17 Mar 2020 02:10
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11008

Actions (login required)

View Item View Item