Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B3 Melalui Metode Demonstrasi Dan Media Sandpaper Alphabetic Di TK Dharma Wanita Mendalo Darat Tahun Ajaran 2019/2020.

pranati fitri, nadia (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B3 Melalui Metode Demonstrasi Dan Media Sandpaper Alphabetic Di TK Dharma Wanita Mendalo Darat Tahun Ajaran 2019/2020. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER (3).pdf

Download (13kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB IV (3).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAPUS (1).pdf

Download (277kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nadia Pranati F. 2019. Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia Dini Kelompok B3 Melalui Metode Demonstrasi Dan Media Sandpaper Alphabetic Di TK Dharma Wanita Mendalo Darat Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dra. Irma Suryani, M.Pd. Kata Kunci: Mengungkapkan Bahasa, Metode Demonstrasi, Media Sandpaper Alphabetic Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan berbahasa anak harus dilatih sejak dini agar anak dapat berbahasa dan berkomunikasi dengan baik. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah metode demonstrasi dan media sandpaper alphabetic. Hal ini dikarenakan metode demonstrasi dan media sandpaper alphabetic akan membuat anak lebih antusias dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode demonstrasi dan media sandpaper alphabetic dalam meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa Anak Usia Dini Kelompok B3 di TK Dharma Wanita Mendalo Darat Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap pertemuan dari pratindakan sampai ke pertemuan 4 siklus II kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia dini di TK Dharma Wanita Mendalo memiliki peningkatan setiap siklusnya. Pada siklus I peneliti hanya menyebutkan huruf pada media sandpaper alphabetic seperti biasa, sedangkan pada siklus II peneliti menggunakan lagu untuk menyebutkan huruf pada media sandpaper alphabetic. Dari pratindakan 31, siklus I pertemuan 1 35,3, siklus I pertemuan ke 2 38,9, siklus I pertemuan 3 41 dan siklus I pertemuan 4 43,9. Siklus II pertemuan 1 57,6, siklus II pertemuan 2 64,2, siklus II pertemuan 3 80,7 dan siklus II pertemuan 4 90,8. Berdasarkan nilai rataan tersebut, terlihat bahwa kemampuan mengungkapkan bahasa anak dapat ditingkatkan melalui metode demonstrasi dan media sandpaper alphabetic Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode demonstrasi dan media sandpaper alphabetic dapat meningkatkan kemampuan mengungkapkan bahasa anak usia dini dengan peningkatan yang sangat baik melebihi batas ketuntasan 70 yaitu 90,8 dan berada pada kategori sangat baik.

Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Depositing User: NADIA PRANATI FITRI
Date Deposited: 17 Mar 2020 02:55
Last Modified: 17 Mar 2020 02:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11018

Actions (login required)

View Item View Item