PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA MATERI GELOMBANG BUNYI PADA RUMAH TRADISIONAL SEBERANG KOTA JAMBI DENGAN PENDEKATAN SETS

Nurvadila, Nurvadila (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA MATERI GELOMBANG BUNYI PADA RUMAH TRADISIONAL SEBERANG KOTA JAMBI DENGAN PENDEKATAN SETS. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (88kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan belum adanya buku yang mencerminkan kearifan lokal Jambi pada materi Gelombang Bunyi baik dari tampilan buku, gambar dan isi materinya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku pengayaan Fisika materi Gelombang Bunyi pada Rumah Tradisional Seberang Kota Jambi dengan pendekatan SETS serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Akan tetapi, penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahapan Development sedangkan tahap Implementation dan Evaluation tidak dilakukan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi angkatan 2017. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi dan media serta angket persepsi mahasiswa. Hasil pengembangan buku pengayaan telah dinyatakan valid setelah dilakukan tahap validasi oleh ahli materi dan media. Hasil validasi rata-rata yang diperoleh dari validator adalah 82,19% dengan kategori sangat baik. Selanjutnya, hasil analisis data persepsi mahasiswa diperoleh persentase sebesar 87,23% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan Fisika materi Gelombang Bunyi pada Rumah Tradisional Seberang Kota Jambi dengan pendekatan SETS dapat digunakan sebagai buku penunjang pembelajaran yang mencerminkan kearifan lokal pada materi Gelombang Bunyi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurvadila
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:45
Last Modified: 18 Mar 2020 06:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item View Item