Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berorientasi SETS Tentang Kajian Sistem Tata Udara dan Termal pada Rumah Tradisional Jambi

APRIYANI, ZUHRA (2020) Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berorientasi SETS Tentang Kajian Sistem Tata Udara dan Termal pada Rumah Tradisional Jambi. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (101kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB 1 (REVISI SIDANG 18 FEBRUARI 2020) fix.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB 5 (REVISI SIDANG 18 FEBRUARI 2020)fix.pdf

Download (89kB)

Abstract

Apriyani, Zuhra. 2020. Pengembangan Buku Pengayaan Fisika Berorientasi SETS Tentang Kajian Sistem Tata Udara dan Termal pada Rumah Tradisional Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. M. Hidayat, M.Pd., (II) Wawan Kurniawan, S.Si., M.Cs. Kata kunci: buku pengayaan, pendekatan SETS, sistem tata udara, termal, model ADDIE Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengembangan buku pengayaan fisika dengan kearifan lokal belum ada dan sebanyak 53.5% mahasiswa mengatakan buku pengayaan fisika terkait dengan karifan lokal Jambi lebih menarik. Sehingga buku pengayaan ini berguna untuk memperkaya wawasan, pengalaman, dan pengetahuan pembacanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir buku pengayaan fisika berorientasi SETS tentang kajian sistem tata udara dan termal pada rumah tradisional Jambi serta untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap buku pengayaan fisika tersebut. Penelitian ini dilakukan di kelas Fisika Reguler A 2017 mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi yaitu pada bulan Januari 2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan angket kepada mahasiswa Pendidikan Fisika yang mengotrak matakuliah Fisika Lingkungan (sebagai data utama) observasi dan wawancara dilapangan dengan masyarakat Kota Seberang Jambi, Lembaga Adat Melayu Jambi, Dinas Pekerjaan Umum Jambi (sebagai data penunjang). Kemudian angket tersebut dianalisis secara kuantitatif dengan rumus persentase dan metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu: a) tahap analisis diperoleh analisis kebutuhan untuk mengetahui pengembangan suatu produk akhir buku pengayaan fisika yang diperlukan oleh mahasiswa. b) tahap desain diperoleh rancangan produk akhir yang digunakan pada buku pengayaan fisika. c) tahap pengembangan diperoleh buku pengayaan fisika yang telah divalidasi oleh 2 orang validator ahli media dan ahli materi. Buku pengayaan fisika diuji cobakan pada 30 orang mahasiswa dan memperoleh hasil analisis buku pengayaan fisika dari aspek kelayakan isi/materi sebesar 85,47%, aspek bahasa sebesar 83,81%, aspek sajian sebesar 88% dan aspek grafika sebesar 85,14%. Sehingga persentase rata-rata persepsi mahasiswa dari semua aspek sebesar 85,61% hal ini bahwa buku pengayaan fisika termasuk dalam kategori sangat baik dan layak digunakan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar peneliti selanjutnya melakukan penelitian sampai tahap evaluasi dengan mengikuti model ADDIE dan agar mahasiswa dapat menggunakan buku pengayaan fisika ini sebagai buku pendamping matakuliah Fisika Lingkungan yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan terhadap rumah tradisional yang ada di Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: ZUHRA APRIYANI
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:46
Last Modified: 29 Jun 2020 07:49
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item