APRIYANA, NAZIRA (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN FISIKA SISTEM PENCAHAYAAN PADA RUMAH TRADISIONAL JAMBI BERORIENTASI SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY). S1 thesis, FKIP.
Text
COVER CAHAYA_FIX.pdf Download (195kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (246kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf Download (196kB) |
|
Text
SKRIPSI CAHAYA BAB 1.pdf Download (317kB) |
|
Text
SKRIPSI CAHAYA BAB 5.pdf Download (183kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan pembelajaran berupa buku teks yang digunakan membosankan sehingga kurangnya minat mahasiswa untuk membaca buku tersebut. Bahan pembelajaran menggunakan buku pengayaan yang dikaitkan dengan kearifan lokal sangat diperlukan dalam motivasi belajar fisika pada mahasiswa, dan belum ada buku pengayaan fisika yang dikaitkan dengan kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produk akhir bagaimana buku pengayaan fisika sistem pencahayaan pada rumah tradisional Jambi berorientasi SETS dan untuk mengetahui bagaiamana persepsi mahasiswa mengenai buku pengayaan fisika sistem pencahayaan pada rumah tradisional Jambi berorientasi SETS. Penelitian ini dilakukan di Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jambi pada Januari 2020. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan angket kepada mahasiswa Pendidikan Fisika yang sudah mengontrak mata kuliah Fisika Dasar I (sebagai data utama) dan wawancara dengan masyarakat Seberang Kota Jambi, Lembaga adat melayu Jambi, Dinas pekerjaan umum (sebagai data penunjang). Setelah angket dikembalikan, data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dengan rumus persentase. Hasil penelitian tiap tahapan yang diperoleh yaitu: a) Pada tahap analisis diperoleh kesenjangan kinerja untuk mencari informasi agar masalah yang diteliti memiliki kedudukan yang jelas. b) Pada tahap desain diperoleh hasil verifikasi kinerja. c) Pada tahap pengembangan diperoleh buku yang telah divalidasi oleh dua orang ahli materi dan ahli media, buku pengayaan dilakukan uji coba kecil dengan menggunakan angket persepsi mahasiswa diperoleh hasil analisis persentasi untuk pernyataan mengenai aspek materi sebesar 84,66%,, aspek bahasa sebesar 86%, aspek penyajian sebesar 87, 50% dan aspek grafika sebesar 84, 80%. Secara keseluruhan aspek memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,74% yang berkategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa buku pengayaan fisika materi cahaya berorientasi sets dinyatakan layak dengan predikat sangat baik. Dari hasil penelitian ini disarankan agar mahasiswa dapat menggunakan buku pengayaan fisika sebagai bahan ajar tambahan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan terhadap kebudayaan lokal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nazira Apriyana |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 06:46 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 07:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11177 |
Actions (login required)
View Item |