Rancangan Bahan Ajar Gerak dan Gaya Berorientasi Pemahaman Konsep untuk Peserta Didik SMP

Chairunnisa, Indah (2020) Rancangan Bahan Ajar Gerak dan Gaya Berorientasi Pemahaman Konsep untuk Peserta Didik SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (373kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)

Abstract

Gerak dan Gaya merupakan salah satu materi yang dipelajari di dalam Fisika. Gerak dan Gaya dapat diaplikasikan dan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari sehingga setiap peserta didik harus mengatahui konsep-konsep yang terdapat di dalam materi tersebut. Bahan ajar yang tersedia saat ini masih kurang membantu dalam memahami konsep Gerak dan Gaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA yang tentunya berorientasikan terhadap pemahaman konsep (conceptual understanding). Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (R dan D) dengan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap Development (pengembangan) bahan ajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen angket. Angket yang digunakan berupa validasi ahli materi dan validasi ahli media yang berfungsi untuk perbaikan terhadap bahan ajar serta angket persepsi peserta didik dan persepsi guru yang digunakan untuk menilai bahan ajar. Data yang diperoleh berupa data jenis campuran (kualitatif dan kuantitatif). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Jambi dan guru bidang studi IPA. Penelitian menghasilkan bahan ajar IPA materi Gerak dan Gaya berorientasi conceptual understanding yang telah melalui proses validasi dan dinyatakan layak diujicobakan. Dari hasil tim ahli terhadap materi 90,71% dengan kategori “Sangat Baik”, tim ahli media 92 % dengan kategori “Sangat Baik”. Dari hasil analisis data persepsi peserta didik diperoleh dengan persentase 83,70 % dengan kategori “Baik”, dan hasil persepsi guru dengan persentase 83,9 % dengan kategori “Baik”. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar IPA berorientasi conceptual understanding materi Gerak dan Gaya memiliki kualitas yang sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar tambahan dalam proses pembelajaran.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Indah Chairunnisa
Date Deposited: 18 Mar 2020 04:18
Last Modified: 18 Mar 2020 04:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item View Item