PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY (PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI

FIRMA SARI, DWI (2020) PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY (PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (96kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (295kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK Firma Sari, Dwi. 2020. Pengaruh Metode Outdoor Study (Pembelajaran di Luar Kelas) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Dra. Hj. Irma Suryani, M.Pd., (II) Drs. Aripudin, M.Hum., Kata Kunci: pengaruh, metode, outdoor study, puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode outdoor study (pembelajaran di luar kelas) terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi Tahun Ajaran 2018/2019 berdasarkan aspek unsur batin puisi yang berfokus pada tema, perasaan, nada dan suasana serta amanat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest yang tidak ekuivalen. Data dalam penelitian ini berupa nilai hasil belajar menulis puisi siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data penelitian ini adalah puisi karangan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data analisis menggunakan komputer program SPSS 17. Hasil penelitian ini menemukan ada pengaruh yang positif dan signifikan penggunaan metode outdoor study (pembelajaran di luar kelas) terhadap kemampuan menulis puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Hal itu dilihat dari hasil uji t dan nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol yang menunjukkan ada pengaruh setelah diberi perlakuan menggunakan metode outdoor study dengan nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 dan perbedaan nilai rata-rata sebesar 8,52. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan metode outdoor study (pembelajaran di luar kelas) berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Hasil penelitian ini disarankan dapat membantu para guru dalam memilih metode yang cocok dalam pembelajaran menulis puisi dan hasil penelitian ini memberikan manfaat bagi peneliti selanjutnya terutama meneliti pengaruh penggunaan metode lain dalam pembelajaran menulis puisi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DWI FIRMA SARI
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:16
Last Modified: 19 Mar 2020 02:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11195

Actions (login required)

View Item View Item