-, wahidah (2020) Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
Text
COVER.pdf Download (96kB) |
|
Text
persetujuan, pengesahan, pernyataan.pdf Download (170kB) |
|
Text
DAFTAR ISI, gambar, tabel, lampiran.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (49kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (21kB) |
Abstract
Wahidah. 2020. Pengaruh Metode Show And Tell Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Sini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing : 1 (Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (II) Dr. Indryani, S,Pd.M.Pd.I Kata Kunci: Metode Show and Tell, Sosial Emosional, Anak usia 4-5 Tahun Hasil pengamatan peneliti di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi pada usia 4-5 tahun di kelompok A terdapat 9 dari 13 anak yang perkembangan sosial emosionalnya masih belum berkembang secara optimal. Masih belum optimalnya perkembangan sosial emosional anak terlihat ketika proses pembelajaran berlangsung, dimana ada anak yang masih ketika dipanggil oleh guru anak kurang merespon dan hanya terdiam melihat guru didepan dan sebagian anak hanya sibuk dengan kegiatannya sendiri, kurangnya rasa tanggung jawab dan disiplin pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk menejelaskan pengaruh penggunaan metode show and tell terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Melalui metode ini anak akan lebih tertarik dan lebih percaya diri ketika tampil didepan teman-teman dan guru serta memperluas wawasan anak. Penelitian ini menggunakan penelitia kuantitatif pre-ekeperimental design dengan one-group pretest-postest design. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian anak kelompok A TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi yang berjumlah 9 anak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pretest menggunakan instrument peneliti berupa angket, kemudian peneliti memberikan perlakuan, dan memberikan posstest atau tes kembali untuk melihat pengaruh penggunaan metode show and tell terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Setelah semua data di dapatkan, data dianalisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Hasil uji Wilcoxon Match Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 6% sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 2,66 ternyata Zhitung > Ztabel. Selanjutnya pengaruh yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen’s sebesar 2,1 yang berarti Strong Effect (kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa metode show and tell berpengaruh kuat terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.
Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Depositing User: | WAHIDAH |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 06:48 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 06:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11202 |
Actions (login required)
View Item |