PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI HUKUM- HUKUM DASAR KIMIA UNTUK SISWA KELAS X MIPA SMAN 3 KOTA JAMBI

Hasian Floren, Santa and Yusnaidar, Yusnaidar and Syahri, Wilda (2020) PENGEMBANGAN MAJALAH KIMIA ELEKTRONIK BERBASIS METAKOGNISI PADA MATERI HUKUM- HUKUM DASAR KIMIA UNTUK SISWA KELAS X MIPA SMAN 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1.HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (237kB)
[img] Text
8.DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4.HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
12.BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
16.BAB V.pdf

Download (147kB)

Abstract

Floren, Santa Hasian. 2020. Pengembangan Majalah Kimia Elektronik Berbasis Metakognisi Pada Materi Hukum- Hukum Dasar Kimia Untuk Siswa Kelas X Mipa Sman 3 Kota Jambi. Skripsi, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I : Dr. Yusnaidar, S. Si., M.Si, Pembimning II : Dra. Wilda Syahri, M.Pd. Kata Kunci: Majalah Kimia Elektronik, Metakognisi, dan Hukum-Hukum Dasar Kimia dan Stoikiometri Kimia sebagai proses dan produk seharusnya mampu memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam meningkatkan kecerdasan siswa, karena dengan belajar kimia siswa dapat mengetahui gejala atau fenomena alam. Proses belajar kimia dapat dikaitkan langsung dengan berbagai objek yang bermanfaat di sekitar kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran majalah kimia elektronik berbasis metakognisi pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri yang layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran yang juga dapat mengarahkan siswa untuk berpikir metakognisi. Penelitian menggunakan kerangka pengembangan dari model ADDIE. Pada penelitian ini terdiri beberapa tahapan yaitu analysis ,design ,development ,implementation dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dengan guru, lembar angket kebutuhan siswa, penilaian guru, respons siswa ,validasi ahli media dan ahli materi. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kelompok kecil dilakukan kepada 20 orang siswa kelas XI MIPA SMAN 3 kota jambi untuk melihat respons siswa. Hasil penelitian diperoleh majalah kimia elektronik berbasis metakognisi yang dikembangkan telah dinyatakan layak oleh tim ahli untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia terkhusus pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri. Untuk hasil penilaian guru adalah 4,47 % (sangat baik) dan respons siswa 86,26 % (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk akhir dari pengembangan majalah kimia elektronik berbasis metakognisi pada materi hukum-hukum dasar kimia dan stoikiometri telah dinyatakan layak oleh tim ahli untuk digunakan dalam proses pembelajaran kimia dan mendapat respons positif dari siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: SANTA HASIAN FLOREN
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:44
Last Modified: 19 Mar 2020 03:44
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11208

Actions (login required)

View Item View Item