Novendra, Mhd Adhitya and Harizon, Harizon and Afrida, Afrida (2020) ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LAJU REAKSI DAN KORELASINYA DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DI SMAN 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, Univeristas Jambi.
Text
cover1.pdf Download (21kB) |
|
Text
pengesahan.pdf Download (231kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (217kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (210kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (85kB) |
Abstract
Berdasarkan kurikulum 2013, penguatan pola pembelajaran berpusat pada siswa. Siswa diharapkan mampu mengkonstruksi pemikirannya sendiri. Salah satu model pembelajaran yang mampu mengambangkan kemampuan berpikir kreatif dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model inkuiri terbimbing dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di SMAN 6 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model sequential exploratory (model urutan penemuan). Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI IPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing baik dari guru maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kreatif siswa. Untuk melihat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment dan uji koefisien determinasi. Keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing oleh siswa sebesar 73,76% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 73,05% dengan kategori baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy = 0,592 dengan tingkat hubungan sedang. Hasil uji koefisien determinasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh Kd = 35,08% dengan tingkat hubungan rendah, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan tiap pertemuannya ditinjau dari aktivitas guru dan siswa , serta terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi laju reaksi di kelas XI IPA 4 SMAN 6 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? sch_edu ?? |
Depositing User: | MHD ADHITYA NOVENDRA |
Date Deposited: | 18 Mar 2020 06:52 |
Last Modified: | 18 Mar 2020 06:52 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11211 |
Actions (login required)
View Item |