PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI

ARIANA, DEA (2020) PENGARUH MODEL GROUP INVESTIGATION TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 14 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (21kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Ariana, Dea. 2020. Pengaruh Model Group Investigationterhadap Kemampuan Menulis Teks Berita dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi. Pembimbing Skripsi: (I) Drs. Andiopenta Purba, M. Hum, (II) Drs. Imam Suwardi, M. Pd Kata-Kata Kunci: pengaruh, model, group investigation, teks berita. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh model group investigation terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020 berdasarkan struktur teks berita dan kaidah kebahasaan teks berita. Penelitian ini menguunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pretest-Posttest yang tidak ekuivalen. Data dalam penelitian ini berupa nilai hasil belajar menulis teks berita siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sumber data penelitian ini adalah teks berita karangan siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data analisis menggunakan komputer program SPSS 17. Hasil penelitian menulis teks berita siswa kelas kontrol menggunakan metode konvensional nilai rata-ratanya 67,54 dan hasil menulis teks berita siswa kelas eksperimen menggunakan model Group Investigation nilai rata-ratanya 78,51. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus uju-t untuk mengetahui jawaban atas hipotesis yang diajukan. Berdasarkan hasil penelitian, dan perhitungan data yang menggunakan uji-t, Thitung sebesar 6,534 sedangkan Ttabel sebesar 2,059 berarti penerapan model group investigation menghasilkan nilai lebih tinggi dari metode konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Group Investigation memberikan pengaruh positif yang meyakinkan dalam pembelajaran menulis teks berita daripada pembelajaran menulis teks berita menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian ini tepat digunakan oleh guru mata pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menerapkan model Group Investigation dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 14 Kota Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DEA ARIANA
Date Deposited: 18 Mar 2020 07:00
Last Modified: 18 Mar 2020 07:00
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11218

Actions (login required)

View Item View Item