PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PROFESSIONAL DI SMAN 9 KOTA JAMBI

Sugiarti, Dewi and Harizon, Harizon and Malik, Affan (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIFAT KOLIGATIF LARUTAN DENGAN SOFTWARE ADOBE FLASH CS6 PROFESSIONAL DI SMAN 9 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)

Abstract

Sugiarti, Dewi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Sifat Koligatif Larutan dengan Software Adobe Flash CS6 Professional di SMAN 9 Kota Jambi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. FKIP. Universitas Jambi, Pembimbing : (1) Dr. Drs. Harizon, M.Si (2) Drs. Affan Malik, M.E Kata Kunci: Media Pembelajaran, Sifat Koligatif Larutan. Pengembangan media dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa kelas XII IPA di SMAN 9 Kota Jambi dalam memahami materi sifat koligatif larutan. Materi sifat koligatif larutan memiliki karakteristik tingkat keabstrakan yang tinggi, materi yang cukup padat sehingga membutuhkan waktu yang lebih panjang dalam penyampaian materi di dalam kelas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu produk berupa multimedia pembelajaran yang dapat menjadi sumber informasi belajar tambahan guna membantu siswa agar dapat lebih memahami konsep materi sifat koligatif larutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada materi sifat koligatif larutan yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi kerangka pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner analisis kebutuhan, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar penilaian guru, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian validator (ahli materi dan ahli media) dan guru terhadap produk media pembelajaran berbasis pendekatan saintifik sudah baik dan layak diujicobakan. Selanjutnya hasil respon siswa diperoleh skor 3,29 dengan kategori klasifikasi “sangat baik”. Berdasarkan proses pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis pendekatan saitifik ini dikembangkan dengan menggunakan kerangka pengambangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisi, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi, sedangkan penilaian validator dan guru terhadap kelayakan media yang dikembangkan dinyatakan sudah baik dan layak ujicoba serta berdasarkan respon siswa, media ini sangat baik dan dapat digunakan sebagai sumber belajar.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: DEWI SUGIARTI
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:45
Last Modified: 19 Mar 2020 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11224

Actions (login required)

View Item View Item