PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN SOAL ARGUMENTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMAN 4 KOTA JAMBI

Simbolon, Nelly Sari Martini and Effendi, Haris and Harizon, Harizon (2020) PENGEMBANGAN BUKU KUMPULAN SOAL ARGUMENTASI PADA MATERI STOIKIOMETRI DI SMAN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (53kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (172kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Buku kumpulan soal merupakan salah satu sumber pengetahuan berisi kumpulan soal atau atau kumpulan dari butir-butir tes. Buku kumpulan soal berfungsi sebagai buku yang bisa dijadikan pegangan guru atau siswa dalam melaksanakan aktivitas belajar mengajar. Buku kumpulan soal argumentasi merupakan salah satu sumber pengetahuan berisi kumpulan soal atau atau kumpulan dari butir-butir tes untuk meningkatkan keterampilan argumentasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku kumpulan soal argumentasi pada materi stoikiometri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kelayakan buku kumpulan soal argumentasi pada materi Stoikiometri di SMAN 4 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan kerangka pengembangan dari model ADDIE. Pada penelitian ini terdiri beberapa tahapan yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan diimplementasikan pada uji coba di 1 kelas yaitu kelas XI MIPA 5. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar wawancara dan lembar angket. Data yang terkumpul diolah secara deskriptif menjadi data interval menggunakan skala likert dan dianalisis berdasarkan jumlah skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon ahli materi terhadap buku kumpulan soal argumentasi memberikan respon positif dan dinyatakan “layak” untuk dilakukan uji coba. Buku kumpulan soal argumentasi ini juga mendapat respon positif dari guru mata pelajaran kimia dan direspon positif oleh siswa dengan rerata skor 3,856 pada belahan siswa nomor ganjil dengan kriteria “Baik” dan rerata skor 4,005 pada belahan siswa nomor genap dengan kriteria “Baik” serta diperoleh nilai Kappa sebesar 0,567 dengan kategori “Sedang”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat kesepakatan yang cukup tinggi diantara kedua belahan siswa bahwa buku kumpulan soal argumentasi baik digunakan sebagai buku kumpulan soal dan direspon positif oleh siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: NELLY SARI M. SIMBOLON
Date Deposited: 19 Mar 2020 03:45
Last Modified: 19 Mar 2020 03:45
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item View Item