IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL JAMBI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP SISWA DI SMPN 7 MUARO JAMBI

Habibie, M. (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERKONTEKS KEARIFAN LOKAL JAMBI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP SISWA DI SMPN 7 MUARO JAMBI. S1 thesis, Pendidikan Fisika, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (464kB)
[img] Text
pengesahan habibi.pdf

Download (80kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)

Abstract

Kata Kunci: Kearifan Lokal, Pendekatan Saintifik, Literasi Sains, Sikap. Pendidikan di Indonesia siswa dituntut menjadi cerdas, namun kenyataannya kecerdasan yang dimiliki siswa tidak diimbangi oleh sikap dan rasa ingin tahu yang menyebabkan rendahnya literasi sains. Salah satu akar permasalahan dari rendahnya kemampuan literasi sains siswa yaitu belum terintegrasinya kearifan lokal sebagai sumber belajar atau kurang diperhatikannya lingkungan sosial budaya sebagai sumber pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan literasi sains dan sikap siswa kelas VIII C di SMPN 7 Muaro Jambi dengan mengimplementasikan pembelajaran berkonteks kearifan lokal dan pendekatan saintifik pada materi pesawat sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VIII C yang beranggotakan 29 siswa/I di SMPN 7 Muaro Jambi. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I proses pembelajaran penelitian belum berjalan dengan baik. Karena Adanya beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung serta masih ada bebrapa sikap siswa yang belum masuk dalam kategori baik. Hal ini mengakibatkan nilai rata-rata literasi sains 60, 17 dengan presentase siswa yang berhasil dalam belajar 60, 17%. Nilai rata-rata sikap siswa terhadap IPA 125, 99 dari hasil maximal 185. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil literasi sains dan sikap siswa terhadap IPA. nilai rata-rata literasi sains 66,38 dengan presentase siswa yang berhasil dalam belajar 66,38%. Nilai rata-rata sikap siswa terhadap IPA 135, 24 dari hasil maximal 185. Hal ini membuktikan terjadi peningkatan sikap siswa terhadap IPA dari siklus I ke siklus II dengan peningkatan sikap siswa terhadap IPA meningkat dari 125.96 ke 135.24, Selain meningkatkan sikap terhadap IPA pembelajaran berkonteks kearifan lokal jambi dengan pendekatan sintifik juga mampu meningkatkan literasi sains, dengan peningkatan literasi sains sebesar 6.21%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M.HABIBI
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:06
Last Modified: 20 Mar 2020 02:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item