PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ariska Simbolon, Diana (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 7 MUARO JAMBI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP.

[img] Text
cover diana.pdf

Download (417kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)

Abstract

Kata kunci: pendekatan saintifik, meningkatkan, hasil belajar, menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis puisi menggunakan pendekatan saintifik, yang terdiri atas dua siklus. Subjek penelitian adalah kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi tahun ajaran 2019/2020, dengan jumlah 32 siswa. Variabel yang diungkapkan dalam penelitian adalah hasil belajar menulis puisi dengan menggunakan Pendekatan Saintifik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, pada setiap siklusnya pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes, dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Adapun tahapan pendekatan saintifik yang dilakukan saat pembelajaran dimulai dari tahap mengamati contoh puisi, kemudian dilanjutkan dengan tahap menanya, mengumpulkan data sesuai tema yang diberikan peneliti, selanjutnya tahap mengasosiasi yaitu peneliti menugaskan siswa menulis puisi berdasar tema tiap siklusnya, dan terakhir tahap mengomunikasikan. Berdasarkan penjabaran tersebut dapat disimpulkan, penerapan pendekatan saintifik dengan pengamatan proses pembelajaran menulis puisi pada siklus I telah mengalami peningkatan disbanding prasiklus akan tetapi belum mencapai KKM untuk itu peneliti memperbaiki tindakan yang dilakukan pada siklus II yaitu dengan pemberian batasan waktu penugasan dan penambahan nilai serta apresiasi untuk siswa yang aktif dan berpartisipasi. Pada siklus II peneliti lebih mengarahkan siswa pada hal-hal yang tindakanny lebih spesifik, tema yang spesifik, pertanyaan yang spesifik, dan penambahan nilai terhadap siswa yang berpartisipasi sehingga siswa lebih mampu menalar dengan imajinasinya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar menulis puisi siswa. Dapat dilihat hasil dari penelitian ini, nilai rata-rata pada prasiklus mencapai kurang dari batas KKM yang ditetapkan, yaitu 76. Nilai rata-rata prasiklus 66,5, siklus I pertemuan I mencapai 70,81, pertemuan II mencapai 72, dan masih kurang dari batas ketuntasan minimal yang ditentukan. Pada siklus II pertemuan ketiga meningkat mencapai 75 akan tetapi belum memenuhi KKM sehingga peneliti melakukan pertemuan keempat dan hasil belajar siswa meningkat menjadi 80,25, sudah mencapai batas ketuntasan yang ditentukan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 7 Muaro Jambi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: DIANA ARISKA ASIMBOLON
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:29
Last Modified: 19 Mar 2020 07:29
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11239

Actions (login required)

View Item View Item