PENERAPAN LESSON STUDY DAN ANALISIS SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI

Mahesa Putri, Adinda (2020) PENERAPAN LESSON STUDY DAN ANALISIS SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (999kB)
[img] Text
DAFTAR.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (7kB)

Abstract

Kata kunci : sikap ilmiah, lesson study, gerak lurus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap ilmiah siswa pada siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 12 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 dalam menerapkan lesson study selama proses pembelajaran Fisika berlangsung. Penelitian ini dilakukan pada Desember 2019. Data penelitian diperoleh melalui instrumen lembar observasi sikap ilmiah siswa dengan cara mengamati aktivitas belajar siswa selama pembelajaran berlangsung. Kemudian data dianalisis menjadi penggambaran deskriptif tentang sikap ilmiah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dalam penerapan lesson study, ditemukan dua kelompok dengan 4 orang siswa yang terindikasi sikap ilmiah siswanya rendah, dilihat dari hasil pengamatan observer melalui lembar observasi, sikap siswa cenderung pasif dan tidak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan pengaturan kelompok, siswa tersebut tidak dipasangkan dengan teman akrabnya. Kemudian untuk kelompok lainnya memiliki sikap ilmiah yang peneliti ukur dalam kategori yang sangat baik pada siklus pertama. Tampak juga dari hasil lembar kerja siswa yang mereka kerjakan. Pada tahap refleksi, observer menyampaikan bahwa rata-rata pada siklus pertama hanya beberapa siswa saja yang tidak serius berdiskusi. Pada siklus kedua, peneliti mengubah tempat duduk khusus untuk beberapa siswa, selama pembelajaran berlangsung menurut pengamatan observer pada tahap refleksi siklus kedua, siswa yang memiliki permasalahan sudah dapat teratasi dengan baik dan mau mengikut kegiatan diskusi. Serta pada siklus kedua, seluruh kelompok menunjukkan berkembangnya sikap ilmiah yang mereka miliki. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada guru bahwa melalui penerapan lesson study siswa dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa yang harus dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran IPA khususnya Fisika sebagai hasil dari adanya perkembangan karakter atau sikap siswa di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ADINDA MAHESA PUTRI
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:07
Last Modified: 19 Mar 2020 07:07
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11265

Actions (login required)

View Item View Item