andani, veni (2020) Meningkakan Kemampuan Keaksaraan Melalui Media Cantol roudhoh di Taman Kanak-kanak. S1 thesis, fakultas keguran dan ilmu pendidika.
Text
BAB_1[1].pdf Download (330kB) |
|
Text
VENI 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
bab_5[1].pdf Download (189kB) |
Abstract
ABSTRAK Andani, Veni, 2020 “Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Media Cantol Raudhoh di Taman Kanak-kanak ”, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing Skripsi (1) Dr.Drs.H.Hendra Sofyan,M.Si (2) Dr.Dra.Irma Suryani, M.Pd Kata Kunci: Kemampuan keaksaraan, Media Cantol Raudhoh Penelitian ini berlatar belakang masih belum optimalnya kemampuan keaksaraan anak pada anak kelompok B1 di TK Negeri Sungai Rengas Kabupaten Batanghari hal ini dilihat pada saat observasi awal ketika anak berada di dalam kelas dan diluar kelas yang mana masih terdapat anak yang belum bisa menyebutkan nama nya sendiri, kebersihan dengan proaktif, masih ada beberapa anak yang belum bisa memanggil nama temannya sendri, dan masih ada anak yang belum mampu menyebutkan nama jenis tanaman dan hewan yang dilihatnya dengan tidak benar.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keaksaraan anak sebelum diberi tindakan, sesudah diberi tindakan, dan untuk mengetahui apakah dengan cantol raudhoh dapat meningkatkan keaksaraan anak. Metode Baca Cantol Roudhoh adalah metode yang dikembangkan berdasarkan prinsip “Bermain sambil Belajar” dengan memaksimalkan aspek Visual, Auditorial dan kinestetik yang didalamnya terdapat unsur warna, gambar nada, irama dan rasa nyaman. Otto (2015) berpendapat bahwa perkembangan keaksaraan anak akan berkembang ketika berada pada tahap pra-operasional yaitu pada tahap ini anak berusia dua sampai tujuh tahun yang mulai menggambarkan dunia dengan kata-kata, tampilan dan gambar.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I langkah pembelajaran dengan media cantol raudhoh menggunakan buku untuk anak membaca, menggambar dan berhitung makapertemuan 1 presentase kemampuan keaksaraan anak mencapai 32,45%, pertemuan 2 presentase mencapai 40,05%, pertemuan 3 presentase mencapai 43,05%, presentase pertemuan 4 mencapai 56,67%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II penggunaan media cantol raudhoh pada siklus ini menggunakan gambar dengan diiringi lagu pada video yang sudah dibuat khusus media cantol raudhoh, pertemuan 1 dengan presentase mencapai 70,6%, pertemuan 2 presentase mencapai 71,4%, pertemuan 3 presentase mencapai 74,53%, kemudian pertemuan 4 perkembangan keaksaraan anak berhasil memperoleh nilai presentase 81,45%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa kemampuan keaksaraan anak dapat di tingkatkan melalui media cantol raudhoh. dengan bantuan gambar dan lagu khusus media cantol raudhoh.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | VENI ANDANI |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 06:59 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 06:59 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11266 |
Actions (login required)
View Item |