LITASARI, MELY and MELY, LITASARI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SMA KELAS X MATERI SISTEM PERSAMAAN CAMPURAN. PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS PENDEKATN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) SMA KELAS X MATERI SISTEM PERSAMAAN CAMPURAN.
|
Text
RRA1C210009-ARTIKEL.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Litasari,Mely.2017. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Numbered Head Together (NHT) Kelas X SMA Materi Sistem Persamaan Campuran: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Husni Sabil, M.Pd, (II) Drs. Zaimi Effendi, M.Pd. Kata Kunci : Modul Matematika, Pendekatan Saintifik, Numbered Head Together (NHT), Sistem Persamaan Campuran. Bahan ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran, melalui bahan ajar membantu siswa dalam mempelajari sesuatu. Oleh karena itu, guru harus mampu menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan semangat siswa dalam belajar. Modul merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dengan bahasa yang mudah dipahami oleh peserta didik, agar mereka dapat belajar sendiri dengan bantuan atau bimbingan yang minimal dari pendidik (Prastowo,2013:118). Dengan menerapkan model pembelajaran numbered head together dengan pendekatan saintifik ke dalam modul dapat melibatkan siswa secara kelompok untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah melihat respon siswa dan mengetahui hasil belajar siswa yang sudah menggunakan modul matematika menggunakan model pembelajaran numbered head together (nht) dengan pendekatan saintifik pada materi sistem persamaan campuran di kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Mengembangkan bahan ajar cetak berupa modul dan pemberian tes untuk mengetahui respon dan hasil belajar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket penilaian ahli isi/materi, desain Modul, Instrumen penelitian, angket tanggapan guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Setelah modul dibuat, modul divalidasi oleh tim ahli materi, ahli desain dan ahli instrumen hingga modul dinyatakan layak untuk diujikan. Setelah modul divalidasi dan direvisi, selanjutnya diujikan. Uji dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian. Selanjutnya modul tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas X AP SMK Negeri 1 Limbur Lubuk Mengkuang. Dari hasil analisis angket respon siswa menunjukkan kategori “baik”. Dari hasil analisis post-test siswa diperoleh nilai tertinggi 92,28% dengan standar ketuntaan kelas yaitu 75%. Modul berbasis pendekatan saintifik menggunakan model numbered head together (nht) dengan pendekatan saintifik efektif digunakan dalam proses pembelajaran Sehingga modul ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMA khususnya pada pembelajaran Sistem Persamaan Campuran.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MELY LITASARI |
Date Deposited: | 28 Jul 2017 02:19 |
Last Modified: | 28 Jul 2017 02:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/1127 |
Actions (login required)
View Item |