Junike, Winda (2020) Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek di TK Bekti Mulia Muaro Jambi. S1 thesis, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
Text
WINDA.pdf Download (2MB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (94kB) |
|
Text
cover.pdf Download (132kB) |
|
Text
Bab 1.pdf Download (111kB) |
|
Text
Bab 5.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Junike, Winda, 2020. “Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Proyek Di Tk Bekti Mulia Muaro Jambi”, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan,M.Pd. (2) Drs. Irwan, M.Pd Kata kunci: kecerdasan naturalis, metode proyek Penelitian ini berlatar belakang dari kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun di TK Bekti Mulia Muaro Jambi yang masih belum optimal secara optimal, dikarenakan anak masih belum banyak mengenali flora dan fauna, belum bisa membedakan jenis flora dan fauna, belum mampu menjaga hiasan dikelas dan tanaman diluar kelas, belum mampu mengenali hak-hak hewan dan tumbuhan, belum peka terhadap gejala alam, dan menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat capaian kecerdasan naturalis anak melalui metode proyek. Kecerdasan naturalis merupakan kemampuan untuk mengenali, mengklasifikasikan, menyukai tentang keindahan alam dan kepedulian anak pada alam sekitar dari penjelasan sudah dapat diketahui bahwa kecerdasan naturalis penting untuk kehidupan anak yang akan datang. Metode proyek ialah metode pendekatan pembelajaran terkait dengan kehidupan sehari-hari, dilakukan melalui pengalaman lansung, objek dan peristiwa riil lebih mengutamakan proses dari pada hasil. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) setiap siklus terdiri beberapa tahapan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa angket yang diisi oleh guru serta peneliti setiap dilakukannya tindakan. Populasi di TK Bekti Mulia berjumlah 25 anak, dan sampel penelitian ini dilakukan pada anak kelas B1 yang berjumlah 13 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun melalui metode proyek di TK Bekti Mulia Muaro Jambi yaitu diperoleh dari pratindakan nilainya 28,9% (MB), kemudian siklus 1 pertemuan 1 dengan nilai 36% (MB), pertemuan ke-2 41,62% (MB), pertemuan ke-3 45,28% (MB), dan pertemuan ke-4 53,19%(BSH) dikarenakan pada siklus 1 belum diperoleh nilai ketuntasan sesuai harapan peneliti maka dilanjutkan siklus ke-2. Pada siklus 2 pertemuan 1 diperoleh nilai 58,06% (BSH), pertemuan ke-2 70,53% (BSB), pertemuan ke-3 77,35% (BSB) dan pertemuan ke-4 dengan nilai 83,31%(BSB), untuk hasil pada siklus 2 pertemuan 4 terlihat bahwa kecerdasan naturalis anak sudah meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini adalah kecerdasan naturalis anak usia 5-6 tahun dapat ditingkatkan melalui metode proyek.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | winda junike |
Date Deposited: | 19 Mar 2020 07:06 |
Last Modified: | 19 Mar 2020 07:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11282 |
Actions (login required)
View Item |