Meningkatkan pengenalan warna melalui finger painting pada anak usia 4-5 tahun di paud permata bunda muaro jambi

Nadila, Yesika (2020) Meningkatkan pengenalan warna melalui finger painting pada anak usia 4-5 tahun di paud permata bunda muaro jambi. S1 thesis, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.

[img] Text
YESIKA 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (85kB)

Abstract

ABSTRAK Yesika Nadila. 2020. Meningkatkan Pengenalan Warna melalui Finger Painting pada Anak Usia 4-5 Tahun di PAUD Permata Bunda Muaro Jambi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dra. Kasmiati, M.Pd, (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Pengenalan Warna, Finger Painting Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dari 15 anak usia 4-5 masih terdapat anak yang masih belum optimal dalam mengenal warna dasar Diantarannya ADD RMA HZH S AZW MOA BE sedangkan NMS RW RMAT sering salah dalam menyebutkan warna seperti warna merah anak menyebut warna pink dan warna biru anak menyebutkan warna hijau. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengenalan warna anak usia 4-5 tahun sebelum atau sesudah adanya tindakan finger painting dan untuk mengetahui melalui finger painting ini dapat meningkatkan pengenalan warna anak usia 4-5 tahun. Manfaat penelitia adalah memperbaiki pembelajaran anak, meningkatkan pengenalan warna anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian digunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah penelitian meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi dan melakukan refleksi terhadap hasil akhir kegiatan. Penelitian ini berfokus pada anak usia 4-5 tahun PAUD Permata Bunda Muaro Jambi yang subyek penelitian ini adalah kelompok A yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 10 laki-laki dan 5 perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar orservasi dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan pengenalan warna melalui kegiatan finger painting di PAUD Permata Bunda Muaro Jambi yaitu: dari pratindakkan 20,67% Siklus I pertemuan ke-1 25,33%, siklus I pertemuan ke-2 35,33%, siklus I pertemuan ke-3 46% dan siklus 1 pertemuan ke-4 47,33%. Pada Siklus II peningkatan pengenalan warna anak sudah menunjukkan pertemuan ke-1 58%, siklus II pertemuan ke-2 68%, siklus II pertemuan ke-3 80,67%, akhir siklus II pertemuan ke-4 90% mencapai kriteria nilai ketuntasan yaitu 90%. Pertemuan ke-4 mencapai 90%.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: YESIKA NADILA
Date Deposited: 19 Mar 2020 07:13
Last Modified: 19 Mar 2020 07:13
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item View Item