Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Negeri Pembina Kecamatan Maro Sebo Ilir.

maptuha, - Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Negeri Pembina Kecamatan Maro Sebo Ilir. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR ISI, gambar, tabel, lampiran.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKIRIPSI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)

Abstract

Maptuha. 2020. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Senam Irama di TK Negeri Pembina Kecamatan Maro Sebo Ilir. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Kemampuan motorik kasar, senam irama Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak usia dini di TK Negeri Pembina Terusan belum baik. Hal ini dapat dilihat ketika dilakukan kegiatan senam terdapat gerakan kolaborasi antara kaki dan tangan, kaki dengan kepala. Pada gerakan ini masih ada anak yang kurang berkonsentrasi dan belum bisa melakukan melakukan gerak kolaborasi tersebut. Hal ini terbukti dengan adanya anak yang belum bisa melakukan gerakan jalan ditempat. Gerakan lain ketika melompat maju masih ada anak yang hanya melakukan lompat ditempat tidak dengan gerakan lompat kedepan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan motorik kasar pada anak sebelum dilaksanakan kegiatan senam irama, melihat kemampuan motorik kasar pada anak setelah dilaksanakan kegiatan senam irama serta kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan melakukan refleksi pada akhir kegiatan. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Teknik analisis data diperoleh dengan cara mengisi lembar angket dari pengamatan berupa catatan lapangan dan dokumentasi. Pengolahan data bekerjasama dengan guru kelas dalam mengisi lembar angket yang disediakan setiap pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak di TK Negeri Pembina Terusan setelah diberi tindakan berupa senam irama pada siklus I pertemuan 1 berada pada kategori belum berkembang dengan nilai rata-rata 29, siklus I pertemuan 2 berada pada kategori belum berkembang dengan nilai rata-rata 39, siklus I pertemuan 3 berada pada kategori belum berkembang dengan nilai ratarata 40, siklus I pertemuan 4 berada pada kategori belum berkembang dengan nilai rata-rata 43, siklus II pertemuan 1 berada pada kategori belum berkembang dengan nilai rata-rata 45, siklus II pertemuan 2 berada pada kategori belum berkembang dengan nilai rata-rata 49, siklus II pertemuan 3 berada pada kategori berkembang sesuai harapan dengan nilai rata-rata 53 dan siklus II pertemuan 4 berada pada kategori berkembang sesuai harapan dengan nilai rata-rata 61. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan senam irama dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak di TK Negeri Pembina Terusan dengan kategori berkembang sesuai harapan.

Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: MAPTUHA
Date Deposited: 08 Apr 2020 04:28
Last Modified: 08 Apr 2020 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item View Item