Hasanah, Hasanah (2020) LESSON STUDY UNTUK MENGANALISIS SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 12 KOTA JAMBI. S1 thesis, FKIP.
Text
COVER FIKS1.pdf Download (101kB) |
|
Text
20200319.pdf Download (518kB) |
|
Text
DAFTAR ISI 1.pdf Download (25kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (91kB) |
Abstract
Hasanah. 2020. Berjudul Lesson Study Untuk Menganalisis Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI IPA Di SMA Negeri 12 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Nova Susanti, S.Pd., M.Si., (2) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci: Lesson Study, Sikap Ilmiah, Siswa Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap ilmiah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 12 Kota Jambi yang dilatar belakangi karena kurangnya minat belajar siswa dibidang fisika, serta siswa kurang memperhatikan ketika guru menjelaskan pelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Kota Jambi pada November 2019. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan instrumen sikap ilmiah (sebagai data utama), lembar kerja siswa (sebagai data utama), dan foto-foto pada saat penelitian (sebagai data penunjang). Setelah penelitian selesai pada tahapan siklus 1 dan siklus 2 data akan dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan lesson study untuk menganalisis sikap ilmiah siswa kelas XI IPA 3 menggunakan tahapan perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan refleksi (See), dimana pada penelitian ini peneliti sebagai guru model pada saat siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 pelaksanaan lesson study, dari analisis sikap ilmiah terlihat bahwa hampir semua siswa pada setiap kelompok masih kurang berpartisipasi aktif saat pelajaran fisika. Pada siklus 2, tindakan yang dilakukan oleh peneliti yang dibantu observer lebih fokus pada siswa yang kurang antusias belajar pada saat pelaksanaan (Do) untuk siklus 1, sehingga pada siklus 2 siswa mulai antusias dan berperan aktif saat belajar fisika, berdasarkan tindakan yang dilakukan pada siklus 2, maka terjadi pemerataan sikap siswa terhadap pelajaran fisika. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah didapat, maka guru harus lebih peka terhadap siswa yang kurang pada saat proses pembelajaran. Di samping itu, guru juga harus menjelaskan materi secara sistematis dan mudah dipahami oleh siswa, serta guru juga harus memahami kedalaman dari materi yang akan disampaikan ke siswa agar terjadi suatu pembelajaran yang berkualitas.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | hasanah |
Date Deposited: | 20 Mar 2020 03:53 |
Last Modified: | 20 Mar 2020 03:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11295 |
Actions (login required)
View Item |