Diagnosis Kesulitan Belajar Tipe Kepribadian Sanguinis dalam Memahami Konsep Himpunan Kelas VII SMP

Wulandari, Rika (2020) Diagnosis Kesulitan Belajar Tipe Kepribadian Sanguinis dalam Memahami Konsep Himpunan Kelas VII SMP. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
COVER 1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (492kB)
[img] Text
7 DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8 BAB 1.pdf

Download (109kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa tidak maksimal dalam mengerjakan soal materi himpunan. Karena Siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep himpunan dan mengaplikasikan kosep tersebut ke dalam soal-soal yang berhubungan dengan himpunan. Misalnya siswa sulit dalam 3 cara penyajian himpunan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar yang dialami siswa tipe kepribadian sanguinis dalam memahami konsep himpunan kelas VII SMP. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII B SMP N 22 Kota Jambi yang memiliki tipe kepribadian sanguinis. Instrumen dalam penelitian ini yaitu tes kepribadian, lembar soal materi himpunan, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian terhadap lembar jawaban dan hasil wawancara dalam menyelesaikan soal menunjukkan bahwa tidak semua siswa tipe kepribadian sanguinis memenuhi indikator kesulitan dalam menyelesaikan soal. Berdasarkan hasil penelitian bahwa S1 hanya memenuhi 3 dari 7 indikator yaitu memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menyatakan ulang sebuah konsep, dan mengklasifikasi objek menurut sifat-sifat tertentu sesuai dengan konsepnya. Untuk S2 hanya memenuhi indikator mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. Untuk S3 hanya memenuhi 2 indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep dan menyatakan ulang sebuah konsep . Dan selanjutnya S4 hanya memenuhi indikator memberi contoh dan bukan contoh dari suatu konsep, menyatakan ulang sebuah konsep, dan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup dari suatu konsep. Untuk indikator yang lainnya keempat siswa masih mengalami kesulitan dikarenakan siswa masih kurang menguasai konsep dari materi himpunan tersebut.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: RIKA WULANDARI
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:35
Last Modified: 20 Mar 2020 04:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11312

Actions (login required)

View Item View Item