IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS V SEKOLAH DASAR

UTOMO, AGUNG (2020) IMPLEMENTASI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS (CRITICAL THINKING) PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 DI KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (26kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (876kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

ABSTRAK Utomo. 2020. Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking) dalam Pembeajaran Kurikulum 2013 di kelas V Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. Maryono, S.Pd., M.Pd, Pembimbing (II) Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Keterampilan Abad 21, Kurikulum 2013 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan keterampilan berpikir kritis (Critical Thinking) pada pembelajaran Kurikulum 2013 di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di kelas VA SD Negeri Nomor 55/I Sridadi pada 2 Desember 2019 sampai 8 Februari 2020. Data penelitian diperoleh melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas Reduksi, Penyajian dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kurikulum 2013 memiliki pendekatan saintifik dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis saat proses pembelajaran. Pembelajaran dilaksanakan melalui proses mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengkomunikasikan untuk merujuk pada indikator keterampilan berpikir kritis. Pencapaian keterampilan berpikir kritis dapat dilihat salama kegiatan pembelajaran berlangsung yang menunjukkan aktivitas guru dalam membimbing serta siswa yang aktif sebagai pusat proses pembelajaran (student centered learning) sesuai amanah Kurikulum 2013. 2) Keterampilan berpikir kritis mempunyai indikator, meliputi: mengenali rumusan masalah, mengidentifikasi informasi yang relevan serta menarik kesimpulan. Indikator keterampilan berpikir kritis dikembangkan untuk mencapai setiap tujuan pembelajaran (tematik maupun tematik terpadu). Indikator-indikator tersebut diaplikasikan dalam penerapan pendekatan saintifik. 3) Keterampilan berpikir kritis dikembangkan dengan menggunakan strategi pembelajaran yang efektif dan didukung media pembelajaran yang tepat. Strategi pembelajaran berisi cara-cara yang diterapkan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis diantaranya terampil meghadirkan masalah, mengaitkan masalah pada lingkungan sekitar (relevansi masalah) serta menguji kesimpulan untuk memecahkan masalah yang dibahas Pembelajaran didukung dengan penggunaan media dan ketersediaan sumber belajar. Media belajar merupakan perantara penyampaian informasi agar lebih mudah diterima siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: AGUNG UTOMO
Date Deposited: 23 Mar 2020 01:58
Last Modified: 23 Mar 2020 01:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item