PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA SISWA KELAS XI MAN 2 TANJUNG JABUNG TIMUR

SAFITRI, SAFITRI (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS E-LEARNING QUIPPER SCHOOL MATERI KOLONIALISME DAN IMPERIALISME DI INDONESIA SISWA KELAS XI MAN 2 TANJUNG JABUNG TIMUR. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (172kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)

Abstract

ABSRTAK Safitri. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-learning Quipper School Pada Pembelajaan Kolonialisme dan Imperialisme di Indonesia Kelas XI MAN 2 Tanjung Jabung Timur:Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Budi Purnomo, M.Hum., M.Pd (II) Amir Syarifuddin, S.Pd, M.Pd Kata kunci:Bahan ajar, Interaktif, E-learning Quipper School Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan bahan ajar interaktif dan mengetahui respon siswa terhadap pengembangan bahan ajar interaktif berbasise-learning quipper school, Pada materi Kolonialisme dan Imperialisme, dan mengetahui respon siswa kelas XI MAN 2 Tanjung Jabung Timur bahan ajar yang dikembangkan sebagai media pembelajaran IPS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan metode menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (analisis kebutuhan, kurikulum materi, dan karakteristik siswa), Desain, Development (Pengembangan), Implementasi media pembelajaran sejarah, dan Evaluasi (revisi produk berdasarkan penilaian tim ahli dan uji responden di lapangan). Data diperoleh dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan penghitungan angket data dilakukansecara kualitatif untuk validasi ahli dan kuantitatif untuk uji responden siswa MAN 2 Tanjung Jabung Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli materi pembelajaran memperoleh skor sebanyak 49 dan persetasenya adalah 87,5% dengan kategori 81-100% adalah sangat baik dan layak uji coba. Hasil validasi dari ahli media pembelajaran memperoleh skor sebanyak 32 dengan persentase adalah 97,72% dengan kategori 81-100% adalah sangat baik dan layak uji coba. Sementara itu untuk respon siswa terhadap media pembelajaran yaitu dilakukan pada uji coba kelompok kecil, besar, dan uji lapangan maka didapatlah hasil kategori yang sangat baik yaitu 89,23% untuk persentase kelompok kecil, dan 79,23% untuk persentase kelompok besar, lalu dilakukan uji lapangan untuk melihat keefektifan media pembelajaran , dan hasil uji lapangan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu senyak 66,92%. Jadi secara keseluruhan media pembelajaran sejarah berbasis e-learning quipper school yang dikembangkan mampu menambah variasi media pembelajaran dan mampu menarik minat serta motivasi siswa dalam pembelajaran materi sejarah. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini disarankan agar media pembelajaran ini dpat menjadi masukan bagi guru dalam menambah variasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dan sebagai pemacu motivasi belajar secara mandiri serta menarik minat siswa dalama pembelajaran sejarah dan dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran IPS MAN berbasis e-learning quipper school pada materi kolonialisme dan imperialisme yang telah dikembangkan layak diuji cobakan.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: SAFITRI
Date Deposited: 24 Mar 2020 02:48
Last Modified: 24 Mar 2020 02:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11355

Actions (login required)

View Item View Item