Windiasari, Annisa (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS COREL VIDEO STUDIO SISWA KELAS XI SMA 6 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (96kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (169kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (175kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (89kB) |
Abstract
ABSTRAK Sari, Windia, Annisa. 2019. Pengembangan Video Pembelajaran Sejarah Berbasis Corel Video Studio Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo,M.Hum.,M.Pd (II) Anny Wahyuni, S.Pd.,M.Pd Kata kunci: Media Pembelajaran Sejarah, Corel Video Studio, Siswa Kelas XI Sumber belajar merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran guru sudah sering menggunakan media pembelajaran, namun media yang digunakan masih terbatas pada powerpoint dan buku teks saja. Jadi, permasalahan yang utama dalam proses pembelajaran bukanlah materinya melainkan kurangnya cara penyampaian materi yang harus diperhatikan sehingga dianggap perlu dilakukan inovasi media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui prosedur pengembangan video pembelajaran sejarah berbasis Corel Video Studio Kelas XI SMA Negeri 6 Kota Jambi., dan mengetahui respon siswa kelas XI terhadap penerapan video pembelajaran sejarah yang dikembangkan melalui Corel Video Studio. Model pengembangan pada penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu Analisis (analisis kebutuhan, materi, dan karakteristik siswa), Desain, Development (Pengembangan), Implementasi media pembelajaran sejarah, dan Evaluasi. Data diperoleh dengan menggunakan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan penghitungan angket data dilakukan secara kualitatif untuk validasi ahli dan kuantitatif untuk uji responden siswa SMAN 6 kota jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi dari ahli materi dan ahli media pembelajaran persentasenya adalah 87,5 %, dan 79,54% dengan kategori 76-100% adalah sangat baik dan layak ujicoba. Sementara itu untuk respon siswa terhadap media pembelajaran yaitu dilakukan pada ujicoba kelompok kecil, besar dan uji lapangan maka didapatlah hasil penilaian ujicoba yaitu pada kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh kategori yang sangat baik yaitu 77,30% untuk persentase kelompok kecil, dan 80% untuk kelompok besar. Lalu dilakukan uji lapangan untuk melihat keefektifan media pembelajaran, dari hasil uji lapangan dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu sebanyak 51,68%, Jadi secara keseluruhan media pembelajaran sejarah berbasis Corel Video Studio yang dikembangkan mampu menambah variasi media pembelajaran dan mampu menarik minat serta motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar media pembelajaran ini dapat menjadi masukan bagi guru dalam menambah variasi pembelajaran yang tepat sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga dapat memberikan pengaruh dalam peningkatan hasil belajar siswa dan sebagai pemacu motivasi belajar secara mandiri serta menarik minat dan motivasi siswa dalam mempelajari materi sejarah.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANNISA WINDIASARI |
Date Deposited: | 24 Mar 2020 02:48 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 02:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11397 |
Actions (login required)
View Item |