RIVANALDI, SUKMAWAN (2020) KETERAMPILAN GURU DALAM MENGATASI SISWA HIPERAKTIF DI KELAS VA SDN 55/1 SRIDADI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (109kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (393kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (92kB) |
Abstract
ABSTRAK Rivanaldi, Sukmawan. 2020. Keterampilan Guru Dalam mengatasi Siswa Hiperaktif di Kelas VA SDN 55/1 Sridadi: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si (II) Hendra Budiono, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Keterampilan guru, Mengatasi, Siswa Hiperaktif Dalam proses pembelajaran banyak ditemui bermacam-macam perilaku siswa, salah satunya adalah siswa hiperaktif. Oleh karena itu guru harus mampu memiliki keterampilan dalam mengatasi siswa hiperaktif tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang keterampilan guru dalam mengatasi siswa hiperaktif di kelas VA SDN 55/1 Sridadi selama kegiatan pembelajaran. Aspek yang diamati dalam mengatasi siswa hiperaktif adalah tidak fokus, menentang, destruktif, tidak kenal lelah, tanpa tujuan, tidak sabar dan usil, dan intelektualitas rendah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas VA SDN 55/1 Sridadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengatasi siswa hiperaktif guru menggunakan berbagai macam cara. Cara guru dalam mengatasi siswa hiperaktif antara lain dengan cara membentuk kelompok belajar. Tujuannya agar siswa hiperaktif bisa dilatih untuk bekerja sama dengan siswa lainnya. Guru juga berkeliling ke setiap meja dan melakukan pendekatan perindividu dengan siswa hiperaktif. Guru juga memberikan nasihat dan gambaran tentang sebab akibat kepada siswa hiperaktif. Pemberian cerita dan gambar yang menarik di dalam proses pembelajaran. Pemberian tugas perindividu untuk melatih tanggung jawab siswa hiperaktif Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam mengatasi tujuh aspek siswa hiperaktif guru akan menghampiri setiap meja siswa hiperaktif dan melakukan pendekatan perindividu, membentuk kelompok belajar, memberikan nasihat, memberikan tugas perindividu, memberikan pelajaran yang sesuai dengan minatnya, dan menegur siswa hiperaktif.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SUKMAWAN RIVANALDI |
Date Deposited: | 23 Mar 2020 04:06 |
Last Modified: | 23 Mar 2020 04:06 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11404 |
Actions (login required)
View Item |