SARI DEPI, ATIK (2020) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI KENDARAAN RINGAN 3 DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMK NEGERI 3 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
Text
COVER.pdf Download (14kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
|
Text
DAFTAR IS1.pdf Download (99kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (257kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (88kB) |
Abstract
ABSTRAK Depi, Atik, Sari. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Kendaraan Ringan 3 Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Drs. H. Irwan, M.Pd, (II) Heri Usmanto, M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar. Hasil observasi awal menunjukkan beberapa masalah pada proses pembelajaran yaitu rendahnya hasil belajar siswa, selain itu juga ditemukan fakta bahwa guru cenderung monoton saat mengajar, serta tidak adanya timbal balik antara guru dan siswa. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn kelas XI KR3 di SMK Negeri 3 Kota Jambi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan desain penelitian model Kurt Lewin. Konsep penelitian tindakan kelas ini terdiri dari empat komponen yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 3 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI Kendaraan Ringan 3. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskritif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata pelajaran PPKn mengalami peningkatan hasil belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Kriteria keberhasilan penelitian ini yaitu siswa 80% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM. Keberhasilan ini dapat dibuktikan pada siklus I hasil belajar siswa mencapai rata-rata 71,6 dengan ketuntasan belajar sebanyak 40%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 73,2 dengan ketuntasan belajar sebanyak 56%. Dan pada siklus III hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari observasi awal, nilai rata-rata siswa mencapai 80,8 dengan ketuntasan belajar 60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI Kendaraan Ringan 3 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMK Negeri 3 Kota Jambi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ATIK SARI DEPI |
Date Deposited: | 08 Apr 2020 04:18 |
Last Modified: | 08 Apr 2020 04:18 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/11421 |
Actions (login required)
View Item |